Cara Cek Tipe Kulit Wajah Dengan Tisu

Kandungan air yang mempengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang mempengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap zat tertentu, Menjadi faktor penentu tipe atau jenis kulit wajah kita.

Cara cek tipe kulit wajah dengan tisu

Tipe kulit wajah juga dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, bisa juga karena pengaruh faktor lain seperti faktor genetik dan penyakit.

Berikut 5 Tipe kulit wajah beserta ciri cirinya

Jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :

1. Kulit wajah kering

Kulit wajah kering umumnya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Hal ini mengakibatkan kulit kering mudah pecah-pecah dan mengalami keretakan pada permukaan kulit.

2. Kulit wajah normal

Ciri-ciri dari jenis kulit wajah normal adalah memiliki pori-pori hampir tidak terlihat, tidak terlalu sensitif, bertekstur elastis dan kenyal. Umumnya, jenis-jenis kulit wajah yang normal jarang memiliki masalah kulit.

3. Kulit wajah sensitif

Jenis kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi dan ruam, sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik.

4. Kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit.

5. Kulit wajah kombinasi

Kulit kombinasi biasanya merupakan perpaduan dari kulit kering atau normal dengan beberapa bagian wajah yang berminyak, biasanya di area dagu, hidung, dan dahi. Kebanyakan orang memiliki tipe kulit seperti ini.

Kulit kombinasi adalah perpaduan kulit berminyak dan kulit kering. Ini artinya, area dahi, hidung, dan dagu Anda cenderung berminyak setelah cuci muka, tetapi di saat yang bersamaan area pipi dan bawah mata tampak lebih kering.

Ciri khasnya adalah area tertentu pada kulit terasa berminyak, sedangkan area yang lain justru normal, kering, atau bahkan sensitif. Bagian kulit yang biasanya berminyak adalah T-Zone yang terdiri dari dahi, hidung, dan dagu. Sementara itu, area kulit yang kering adalah di sekitar mata dan mulut.

Cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu

Berikut cara cek tipe kulit wajah dengan tisu


Cara mengetahui jenis kulit wajah, sebenarnya bisa dilakukan sendiri hanya dengan bermodal selembar tisu. Simak caranya di bawah ini :

1. Cuci dulu wajah dengan sabun muka yang biasa dipakai. Lalu, keringkan wajah dengan handuk.

2. Setelah itu, jangan gunakan produk perawatan lain, seperti pelembab, tabir surya, atau toner.

3. Diamkan selama 30 menit.

4. Ambil tisu, kemudian sobek tisu menjadi lebih kecil.

5. Tempelkan tisu ke dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Berikut hasil dari cara cek tipe kulit wajah dengan tisu


1. Pada pemilik kulit berminyak, biasanya tisu tersebut tidak akan jatuh melainkan menempel dalam waktu yang cukup lama.

2. Selanjutnya pada pemilik kulit kombinasi, tisu hanya akan menempel di area T : dahi, dagu dan hidung.

3. Beda lagi pada pemilik kulit normal, tisu akan menempel di kulit selama beberapa saat sebelum akhirnya jatuh.

4. Sementara pada pemilik kulit kering, maka tisu akan jatuh dalam waktu yang cepat. 


Demikian cara cek tipe kulit wajah dengan tisu, atau cara mengetahui jenis kulit wajah dengan tisu. Kalau dalam bahasa melayunya cara nak tahu jenis kulit muka guna tisu. Yang mimin rangkum dari berbagai sumber, Semoga bermanfaat. 🙏😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel