Marhaban ya Ramadhan 2021 Artinya

Marhaban ya Ramadhan, Selamat datang bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah.

Marhaban ya Ramadhan 2021 artinya

Imam an-Nasa’i meriwayatkan sebuah hadits shahih. Hadits nomor 2106.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Ramadhan telah datang kepada kalian, ia adalah bulan berkah, Allah ‘azza wajalla telah mewajibkan kepada kalian berpuasa. Di bulan itu, pintu langit dibuka, dan pintu neraka Jahim ditutup, setan pembangkang dibelenggu. Demi Allah, di bulan itu ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang tidak mendapat kebaikannya, maka sungguh ia tidak mendapatkannya.”
(HR. An-Nasa’i No. 2106)

Dengan demikian, maka seorang muslim tentunya akan melakukan persiapan maksimal dan optimal sebelum memasuki bulan penuh ampunan itu.

Salah satu amalan yang dikerjakan oleh para sahabat untuk menjaga supaya hati mereka terus subur sebelum memasuki bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak tilawah al-Quran. Sebagaimana kabar dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,

“Dahulu, ketika kaum muslimin telah memasuki bulan Sya’ban, mereka menyibukkan diri dengan mushaf al-Quran untuk membacanya.”
(Lathaif al-Ma’arif, Ibnu Rajab al-Hanbali, 153)

Marhaban ya Ramadhan 2021 Artinya

Ok kembali ke topik kali ini Marhaban ya Ramadhan apa artinya ?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring atau online dari Kemendikbud, kata Marhaban memiliki dua arti yakni kata seru (afektif) untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu (yang berarti selamat datang).

Marhaban ya Ramadhan artinya mengandung ucapan selamat datang pada bulan mulia yang ditunggu-tunggu umat Muslim.

Selanjutnya berdasarkan buku Lentera Al-Quran, Kisah dan  Hikmah Kehidupan yang ditulis oleh Quraish Shihab, dalam bukunya pada halaman 140, menjelaskan bahwa Marhaban berasal dari kata rahb yang berarti luas atau lapang.

Kata ini menggambarkan bahwa tamu yang datang disambut dan diterima dengan lapang dada dan penuh kegembiraan. Dan juga, dipersiapkan baginya ruangan yang luas untuk melakukan apa saja yang diiinginkan.

Sehingga para Ulama menggunakan kalimat Marhaban ya Ramadhan artinya Selamat datang bulan Ramadhan. Demikian arti dari Marhaban ya Ramadhan.

0 Response to "Marhaban ya Ramadhan 2021 Artinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang relevan 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Lagi cari sesuatu? Ketikan kata kunci :