Fungsi Kapasitor dan Thermofuse di Kipas Angin

Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik, selain itu kapasitor juga dapat digunakan sebagai penyaring frekuensi. Kapasitas untuk menyimpan kemampuan kapasitor dalam muatan listrik disebut Farad (F) sedangkan simbol dari kapasitor adalah C (kapasitor).

Fungsi Kapasitor dan Thermofuse di Kipas Angin

Dalam sebuah rangkaian prinsip kerja kapasitor adalah dengan mengalirkan elektron menuju kapasitor. Sifat kapasitor yang dapat menyimpan muatan digunakan sebagai tempat untuk mengalirkan elektron tersebut. Pada saat kapasitor telah terisi penuh dengan elektron, maka tegangan akan mengalami perubahan.

Sifat dasar sebuah kapasitor adalah dapat menyimpan muatan listrik, dan kapasitor juga mempunyai sifat tidak dapat dilalui arus DC (direct Current) dan dapat dilalui arus AC (alternating current) dan juga dapat berfungsi sebagai impedansi (resistansi yang nilainya tergantung dari frekuensi yang diberikan).

Kapasitor yang digunakan dalam beberapa cara yang berbeda dalam sirkuit elektronik : Kadang-kadang, kapasitor digunakan untuk menyimpan energi untuk penggunaan kecepatan tinggi. Laser besar menggunakan teknik ini untuk mendapatkan cahaya yang sangat terang dalam sesaat. Sebuah kapasitor dapat memblokir tegangan DC.

Kapasitor terbuat dari bahan apa ?


Kapasitor atau yang juga sering disebut Kondensator ini terdiri dari dua pelat konduktor yang biasanya terbuat dari sebuah isolator yang diantaranya sebagai pemisah dan logam.

Apakah kipas angin bisa bergerak tanpa kapasitor ?


Kipas angin tersebut hanya bisa berputar dengan arus DC saja dan memang dibuat tanpa kapasitor. Sedangkan semua kipas angin dengan arus AC tidak akan berjalan tanpa kapasitor.

Apakah pemasangan kapasitor kipas angin boleh terbalik ?


Cara pemasangannya juga boleh dibolak-balik karena pada kedua kakinya tidak memiliki kutub atau biasa disebut dengan kapasitor nonpolar. Untuk itu kita tidak perlu khawatir jika terbalik, karena hal itu sama saja.

Pada kipas angin terdapat komponen Thermofuse apa kegunaan dari Thermofuse ?


Fungsi Kapasitor dan Thermofuse Kipas Angin

Fungsi thermofuse pada kipas angin berfungsi sebagai pengaman arus atau panas berlebih. Ketika suhu dari alat listrik sudah melebihi batas maksimal dari suhu thermofuse, maka thermofuse akan langsung memutus arus listrik agar mengurangi dampak buruk bagi bagi peralatan itu sendiri. Thermofuse termasuk jenis komponen sekali pakai, kalau sudah rusak harus diganti.

Bagaimana cara kerja Thermofuse ?


Thermo atau termofuse berfungsi melindungi peralatan elektronik dari kerusakan akibat over heat atau kepanasan. Jika sekring bekerja untuk membatasi lonjakan arus pada peralatan elektronik, maka thermo fuse bertugas untuk memutus arus saat peralatan mencapai suhu tertentu.

Dimana letak thermofuse pada kipas angin ?


Biasanya komponen ini terletak didalam motor (dinamo) untuk itu cara menggantinya harus dibongkar total. Thermofuse ini sebenarnya berfungsi sebagai sekring saja, jadi pada saat ada panas berlebih pada motor, otomatis thermofuse ini akan putus.

Kenapa kipas angin berdengung tapi tidak berputar ?


Salah satu masalah yang sering terjadi pada kipas angin yaitu, kipas angin macet, tersangkut, hingga tidak bisa berputar sama sekali yang disertai suara berdengung. Penyebabnya dasarnya dalah bearing atau bushing kipas angin sudah rusak dan tidak layak pakai lagi. Kamu perlu menggantinya dengan bearing yang baru.

Demikian Fungsi Kapasitor dan Thermofuse di Kipas Angin, semoga bermanfaat. Terimakasih.


#Fungsi Kapasitor dan Thermofuse Kipas Angin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊