Apa Itu Meriang Dan 3 Obat Alaminya

Meriang adalah ketika seseorang merasa suhu tubuh lebih hangat ketimbang biasanya. Terkadang, seseorang merasa hangat karena suhu lingkungan menjadi dingin. Ketika merasa meriang, sangat direkomendasikan untuk mengukur suhu tubuh. Ketika suhu lebih dari 38 derajat celcius, berarti orang tersebut sedang mengalami demam.

Apa Itu Meriang Dan 3 Obat Alaminya

Meriang adalah sebutan untuk gejala demam yang disertai menggigil. Sebetulnya banyak sekali kondisi penyakit yang menyebabkan gejala meriang, demam umumnya merupakan reaksi alami dari infeksi di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan gejala meriang ini adalah bronkitis.

Penyebab badan panas yang umum terjadi tanpa demam tinggi adalah karena faktor stres atau kecemasan. Kondisi ini sering juga dibarengi keringat bercucuran dan pernapasan lebih cepat karena sistem saraf bekerja sebagai respons terhadap kondisi emosional di bawah tekanan.

Sebagian besar penyebab menggigil adalah paparan udara dingin. Namun jika menggigil disertai dengan demam, dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami peradangan atau sedang melawan infeksi virus atau bakteri. Beberapa infeksi yang dapat menyebabkan menggigil, yaitu: Malaria.

Demam yang terjadi saat meriang merupakan respons alami sistem kekebalan tubuh dari serbuan benda asing. Benda asing tersebut bisa berupa virus, bakteri, jamur, obat-obatan, sampai racun.

Oleh tubuh kita, benda asing tersebut dianggap zat penghasil demam yang biasa disebut pirogen, yang memicu kekebalan tubuh.

Pirogen selanjutnya memberi sinyal pada otak bagian hipotalamus untuk membentuk pertahanan melawan infeksi. Caranya dengan menaikkan suhu tubuh.

Selain menyebabkan suhu tubuh naik, meriang terkadang disertai gejala :
  • Menggigil, gemetar, atau kedinginan
  • Otot atau sendi terasa pegal dan nyeri
  • Sakit kepala
  • Keringat berlebihan
  • Jantung berdetak lebih cepat
  • Kulit memerah
  • Pusing
  • Badan terasa lemah
  • Mulut terasa pahit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Meriang terkadang merupakan bagian gejala penyakit lain seperti radang tenggorokan, pilek, batuk, flu, dll.
Penyakit autoimun dan efek pengobatan berat seperti kanker juga menimbulkan efek meriang.

Berikut 3 Obat Alami Untuk Badan Meriang


Berikut bahan-bahannya bisa didapat dengan mudah di rumah. Beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi panas dingin dan demam akibat meriang, yaitu :

1. Jahe


Obat meriang alami di rumah adalah jahe
Minum jahe hangat dapat mengatasi meriang. Salah satu bahan alami yang bisa didapat dengan mudah di rumah untuk mengatasi meriang adalah jahe.

Manfaat jahe mengandung zat antibakteri yang diyakini dapat melawan demam, batuk, dan gejala lain yang menjadi penyebab meriang.
Anda dapat membuat minuman jahe hangat di rumah sebagai obat meriang alami.

2. Madu


Obat meriang alami yang bisa didapat di rumah adalah madu.

Campurkan 1 sendok madu dan air lemon untuk redakan gejala meriang.

Madu memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk membunuh bakteri atau zat asing lain yang berpotensi membahayakan tubuh. Selain itu, madu juga bekerja dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Anda bisa mengonsumsi teh hangat yang dicampurkan dengan satu sendok madu dan air lemon guna menghangatkan tubuh dan meredakan gejala meriang berupa sakit tenggorokan.

3. Bawang putih


Bawang putih adalah obat meriang alami yang bisa digunakan. Bawang putih mengandung senyawa allicin.
Bawang putih merupakan obat meriang alami yang mengandung senyawa allicin atau zat antimikroba.

Menambahkan bawang putih dalam olahan makanan Anda sehari-hari dapat mengurangi tingkat keparahan gejala meriang yang muncul.
Sejumlah hasil studi menyebutkan bahwa bawang putih juga dapat mencegah Anda merasa tidak enak badan atau terkena meriang.

Demikian bahasan Apa Itu Meriang Dan 3 Obat Alaminya, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊