Mie Ayam Unik dan Gokil! Beralas Wajan Porsinya Besar! Mie Ayam Enak! Di Jamin Puas! Makan Mie Ayam Wajan Krapyak Bantul Racikan Mbak Wati

Berburu makanan unik baik dari tampilan dan rasanya menjadi suatu keasikan tersendiri. Penyajian mie ayam pada umumnya menggunakan mangkuk. Namun, di Krapyak Bantul terdapat mie ayam yang disajikan dalam wajan. Kayak apa ya? Jadi penasarankan 😊

Mie ayam wajan krapyak mbak wati

Ok langsung saja bagi Anda penyuka mie ayam, dapat datang ke tempat berikut ini.
Nama warungnya adalah  Mie Ayam Wajan Mbak Wati, Penasaran dengan penyajian mie ayam wajan krapyak tersebut, kunjungi saja 'Mie Ayam Wajan Mbak Wati' yang berlokasi di di Jalan Parangtritis Km 3,5 Dusun Janganan Kulon RT 03, Dukuh Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY, Indonesia.

Seperti namanya yang unik, mie ayam ini berbeda dari biasanya, karena penyajiannya bukan di sebuah mangkok, melainkan di wajan kecil. Untuk isian menunya tetap sama ada mie, ada potongan daging ayam, sawi hijau dan semakin segar dengan tambahan taoge.

Mie ayam wajan krapyak

Untuk harga mie ayam wajan biasa ini cukup murah hanya Rp 8.000 saja, dengan porsi yang tentu lebih banyak bila dibandingkan dengan wadah mangkok.

Unik kan, mie ayam disajikan menggunakan wajan aluminium kecil, sekitar 22 cm diameternya dan di bawah wajan ada papan kayu sebagai penyangga agar berdiri tegak, biar tidak mudah nggoleng atau tumpah.

Mie ayam wajan mbak wati

Dari tampilan, mie ayam bakso ini hampir sama dengan mie ayam bakso lainnya. Yang membuat beda, mie wajan bakso ini menggunakan topping tauge, irisan daun bawang serta pangsit goreng. Topping demikian mengingatkan akan racikan mie ayam Bangka.

Model kuahnya hangat sedikit kental, rasanya gurih bercampur manis. Potongan daging ayamnya agak besar, mie lidinya yang gendut terasa mulur kenyal.

Menurut pemilik Mie Ayam Wajan Krapyak Mbak Wati, Budi Wati (40th) menjelaskan, bahwa beliau baru membuka usahanya bulan Juni lalu. Sedangkan pemilihan menu mie ayam karena ia sangat suka mie Bangka.

Tentang soal pemilihan wajan sebagai pengganti mangkuk, perempuan asli Ngawi, Jawa Timur ini mengaku agar tampil berbeda dari penjual mie ayam yang lain. Selain itu, beliau menilai penggunaan wajan sebagai pengganti mangkuk lebih efisien untuk jangka panjang.

'Awalnya saya kepikiran untuk memakai batok (kelapa), tapi ternyata sudah banyak yang pakai. Terus terpikir untuk mencoba pakai wajan sebagai pengganti mangkuk, apalagi di Jogja jarang ada mie ayam yang disajikan dengan wajan,' ungkapnya.

Pemilihan wajan sebagai pengganti mangkuk bukan hanya untuk tempat mie ayam saja, namun untuk menjaga suhu panas mie tersebut biar lebih tahan lama.

Mie ayam wajan ceker

Pengunjung bisa memilih varian topping  lainnya seperti ceker, telur, bakso, bakso ceker.

Atau Mie Wajan Spesial I  terdiri dari mie ayam wajan dengan topping ceker dan telur Rp 12.000  dan Mie Wajan Spesial II dengan tambahan ceker, telur dan bakso. Ini harganya Rp 15.000/wajan. Tentang rasa, selain gurih, perpaduan bumbunya sangat enak dan nikmat. Jangan lupa lho untuk mengaduknya lebih dulu dalam wajan sebagai tempat penyajian, agar rasanya lebih menyerap.

Tempat ini juga menyediakan soto batok Rp 6.000, soto batok warek Rp 10.000. Selain itu aneka minuman tersedia seperti Es Teh, Es Jeruk, Kopi Hitam, Lemon Tea.

Selain menggunakan wajan untuk pengganti mangkuk, Beliau Wati mengaku mie ayam miliknya berbeda dengan mie ayam lainnya. Hal ini karena ia menggunakan kuah khusus dan topping yang berbeda dengan mie ayam pada umumnya.

'Dari segi kuah berbeda ya, saya pakai kuah dengan resep khusus dan untuk toppingnya ada pangsit goreng, tauge dan irisan daun bawang, Dan masaknya mie nya pakai tempat khusus yang berlubang-lubang itu. Tujuannya agar porsi mie yang satu dengan lainnya sama,' ungkapnya.

Ibu Wati sendiri yang membuat resep mie ayam tersebut lho. Bahkan, saat ini sudah ada 8 varian mie ayam yang beliau jual. Seperti, mie wajan biasa Rp 8 ribu, mie wajan ceker Rp 9 ribu, mie wajan telur Rp 10 ribu, mie wajan bakso Rp 12 ribu, mie wajan bakso urat Rp 14 ribu, mie wajan spesial I Rp 12 ribu, mie wajan spesial II Rp 15 ribu dan mie wajan jumbo Rp 12 ribu. Dan Untuk aneka minuman seperti es teh, es jeruk mulai Rp 3 ribu hingga Rp 3500.

Harga mie ayam wajan krapyak mbak wati

'Ada sekitar 8 varian (mie ayam), harga mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 15 ribu. Ada porsi jumbo dan biasa, kalau jumbo itu saya pakai wajan ukuran 10 dan kalau yang biasa pakai wajan ukuran 8. Tapi yang paling terlaris itu mie wajan bakso," ungkapnya.

Ibu Wati menambahkan, dalam sehari beliau mampu menjual sekitar 200 porsi mie ayam wajan. Dan untuk jam buka warung mie ayamnya dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam.

Salah seorang pengunjung, Ika Purwanti (38th), warga Desa Kalibayem, Desa Kasihan, Bantul mengatakan, bahwa ia baru kali pertama datang ke 'Mie Ayam Wajan Krapyak Mbak Wati'. Karena penasaran dan tertarik dengan rasa mie ayam yang disajikan dengan wajan.

"Saya ke sini karena tahu dari Instagram, kok ada mie ayam pakai wajan. Karena penasaran saya ke sini untuk mencobanya dan rasanya enak menurut saya," ungkapnya.

Mie ayam wajan

Sekian dulu ya review tentang Mie Ayam Unik dan Gokil! Beralas Wajan Porsinya Besar! Mie Ayam Enak! Di Jamin Puas! Makan Mie Ayam Wajan Krapyak Bantul Racikan Mbak Wati, Semoga bisa menjadi pelengkap wisata kuliner anda 😊.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊