7 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Buah Ciplukan kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ceplukan atau Ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga.

Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet, yor-nyΓ¨oran, dan kopok-kopokan. Ciplukan merupakan tanaman semak yang tumbuh liar di pinggir selokan, kebun, dan tepian sungai. 

7 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Namun, tidak sedikit orang yang sengaja menanam ciplukan di halaman rumahnya. Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya karya H.Arief Hariana, Ciplukan cukup mudah dibudidayakan.

Ciplukan dapat dikembangbiakkan dengan menyemai biji di pot atau polibag. Biji ciplukan akan mengeluarkan tunas dan menjadi besar dengan diberikan pupuk dan disiram secara rutin.

Ciplukan memiliki buah yang unik karena bersembunyi di dalam cangkap alias tertutup daun. Saat matang sempurna, buah ciplukan rasanya cukup manis dan lezat.

Asal tahu saja, buah ciplukan bukanlah buah sembarang buah. Buah tanaman liar ini banyak dimanfaatkan sebagai obat.

Tidak hanya buahnya, akar dan daun ciplukan juga bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.


Kandungan Ciplukan 


Ciplukan sudah dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal sejak lama. Dari seluruh bagian ciplukan, daun, akar, dan buah ciplukan bermanfaat sebagai obat herbal.

Mengutip dari buku berjudul Ragam & Khasiat Tanaman Obat, karya Hieronymus Budi Santosa, buah Ciplukan mengandung vitamin C, asam sitrun, fisalin, tanin, zat gula, kriptoxantin, asam malat, dan alkoloid.

Akar dan batang ciplukan mengandung saponin dan flavonoid. Daun ciplukan mengandung polifenol dan asam klorogenat. Dan, biji ciplukan mengandung elaidic acid.


Manfaat Ciplukan


Mengandung zat aktif dan vitamin, Ciplukan memiliki manfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Cara penggunaan obat herbal Ciplukan tidak hanya diminum tapi juga sebagai obat luar.


Berikut 7 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan


1. Batu ginjal 


Melansir dari Kompas.com, Ciplukan bermanfaat mengobati penyakit batu ginjal
Ciplukan mengandung antibakteri yang bisa meluruhkan endapan kalsium dalam ginjal.

2. Darah tinggi 


Tekanan darah tinggi memang bukanlah penyakit menular. Tapi, tekanan darah tinggi bisa memicu munculnya komplikasi penyakit bila tidak ditangani.

Akar dan batang ciplukan mengandung flavonoid yang berperan sebagai pengontrol tekanan darah.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda rebus 5 gram brangkas (brangkas adalah akar dan batang ciplukan kering) dengan 110 ml air. Anda rebus brangkas ciplukan sekitar 5-10 menit.
Setelah mendidih, Anda saring dan dinginkan. Anda minum air rebusan ciplukan dua kali sehari dengan takaran 100 ml.

3. Diabetes melitus


Akar dan batang ciplukan juga efektif mengobati penyakit diabetes melitus alias kencing manis.

Hal ini disebabkan, akar dan batang ciplukan mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah. 

Apakah Anda penderita diabetes melitus? 
Cara membuat obat herbal ciplukan untuk obat diabates melitus cukup mudah yakni 10 gram brangkas ciplukan direbus dengan 400 ml air.
Anda rebus brangkas ciplukan selama 5-10 menit lalu saring dan dinginkan. Anda bisa minum air rebusan ciplukan tersebut sehari dua kali.

4. Gusi berdarah 


Buah Ciplukan kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan, dan mengobati gusi berdarah. 
Anda cukup mengonsumsi 3 buah ciplukan setiap hari untuk mengobati gusi berdarah.

5. Bronkitis 


Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Untuk Pengobatan, Ciplukan juga bisa mengobati penyakit bronkitis.

Sekedar info, penyakit bronkitis ditandai dengan batuk kering di awal dan berlanjut menjadi batuk berdahak, dada bagian tengah terasa panas dan nyeri, sulit bernafas, demam, dan bersin-bersin. 

6. Bisul 


Daun ciplukan efektif untuk mengobati bisul. Khusus untuk mengobati bisul, daun ciplukan tidak dikonsumsi melainkan digunakan sebagai obat luar.

Anda campur dan remas-remas satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulasaro, satu lembar daun sirih, dan garam.

Setelah semua bahan tercampur lembut, Anda oleskan di area bisul.
Obat herbal ini akan membuat bisul cepat pecah dan kering.

7. Borok 


Daun ciplukan dipercaya mampu menyembuhkan luka borok. Untuk merasakan manfaatnya Anda campur satu genggam daun ciplukan dengan dua sendok teh air kapur sirih. 
Anda campur dan tumbuk sampai halus, kemudian Anda oleskan obat herbal tersebut di area yang terluka.


Tips Aman Makan Buah Ciplukan agar Bermanfaat bagi Kesehatan


Makanlah buah Ciplukan saat sudah matang atau warnanya sudah kuning emas. Anda bisa mengupas daun yang menjadi kuncup buahnya untuk mengetahui sudah matang atau belum.

Cuci buah ciplukan sampai bersih.
Anda bisa memakan utuh buah ciplukan yang sudah matang dan dicuci. Bisa juga mencampur buah ciplukan ke dalam salad atau diblender dengan buah-buahan lainnya untuk dijadikan smoothies.

Demikian bahasan 7 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan.  Sumber: Kontan.co.id

12 Responses to "7 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan"

  1. Wah, baru tau nih kaalau bagus manfaatnya, cuma sering makannya doang kalau lagi di kebun, tau nya banyak manfaat, mantep nihh min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong 😊

      Hal hal yang kelihatan kecil ternyata bermanfaat ☺

      Delete
  2. Ciplukan itu tanaman liar tapi banyak manfaatnya juga ternyata

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat masa kecil. Kalau main sering cari buah ini. Tp kata teman2 lain itu makanan ular🀣

    ReplyDelete
  4. Nyor-nyoran tu bahasa daerahku deh. Hehehe

    Cuma, aku agak nggak suka dengan ciplukan sih. Tapi kayaknya banyak yang suka sih anak-anak sekitaran sini. Hehehe

    ReplyDelete
  5. tanaman yang banyak diabaikan orang ternyata banyak manfaatnya juga ya

    ReplyDelete
  6. Eh ada ciplukan... Jadi inget masa kecil sering maen di sawah sambil makan ciplukan, gak nyangka juga ternyata banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  7. baru tau malah ternyata banyak juga manfaatnya

    ReplyDelete
  8. baru tau, terima kasih infonya

    ReplyDelete
  9. Brangkas ciplukan tu maksudnya akar mas?

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru πŸ‘‡

Terima kasih atas kunjungannya 😊