Harga Kura Kura Daun dan Cara Memeliharanya

Tiap hewan selalu ada cara tersendiri untuk memeliharanya. Hal inilah yang akan membedakan rumit dan tidaknya perawatannya. Termasuk Kura Kura Daun harus dilakukan dengan cara yang benar karena akan mempengaruhi kesehatannya.

Harga kura kura daun dan cara memeliharanya

Tentukan Jenisnya
Kura kura memang sangat banyak jenisnya, sehingga langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memilih jenis manakah yang mau dipelihara. Jika sudah menentukan jenisnya maka selanjutnya anda bisa memilih ukurannya.

Umumnya kebanyakan orang akan memilih kura-kura berukuran kecil untuk dipelihara, karena akan lebih mudah dalam proses perawatan.

Menjaga Kualitas Pakan
Agar kura-kura selalu sehat maka selalu perhatikan kualitas pakan dan minumnya. Berikan makanan yang memang sesuai dengan kebutuhannya agar dapat menunjang kesehatan dan pertumbuhan tubuhnya serta tidak akan mengganggu kesehatannya.

Pastikan Lingkungan Sesuai
Jangan asal dalam memberikan tempat untuk tinggal kura-kura. Pastikan tempat yang anda sediakan sudah sesuai dengan habitatnya agar kura-kura tetap merasa nyaman.

Jangan Sering Dipegang
Kadangkala kita sering merasa gemas dan ingin memegang ketika melihat kura kura. Namun sebaiknya anda tidak disarankan untuk sering-sering memegangnya.

Hal ini karena cangkang kura-kura kadangkala rawan datar sehingga nantinya akan menimbulkan infeksi yang akan mempengaruhi segi kesehatannya.

Habitat Kura kura Daun


Habitat Kura Kura Daun adalah di air tawar. Maka anda bisa menggunakan air mineral. Kemudian buatkan kolam sesuai habitatnya. Jika tidak memungkinkan maka bisa menggunakan ember maupun akuarium. Dan usahakan anda tambahkan batu bata di sekitar ember tersebut sebagai pijakan.

Makanan Kura Kura Daun


Sebaiknya berikan makanan sesuai dengan kebutuhannya. Jika di alam liar biasanya kura kura ini memakan belalang maupun jangkrik, namun jika dijadikan hewan peliharaan, anda bisa memberikan beberapa jenis makanan berikut untuk Kura Kura Daun :

Daging
Makanan pertama untuk kura kura selain yang disebutkan diatas adalah daging. Anda bisa menggunakan daging sapi atau daging ayam yang mana bisa diberikan secara mentah namun akan lebih baik lagi jika direbus terlebih dahulu agar kondisi daging lebih steril.

Sebisa mungkin sebelum diberikan dapat di potong potong terlebih dahulu dagingnya untuk mempermudah kura-kura untuk memakannya. Daging mengandung kalsium dan protein yang tentunya sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tubuhnya.

Udang
Kura-kura bisa diberikan makanan berupa udang, karena mengandung banyak beta karoten yang mampu membuat warna tubuh kura kura menjadi lebih cerah. Sebelum diberikan sangat disarankan untuk membuang kepala dan kulitnya terlebih dahulu. Udang bisa dijadikan makanan selingan untuk kura kura.

Telur
Telur rebus juga sangat dianjurkan untuk dijadikan makanan kura-kura karena memiliki kandungan protein yang sangat baik. Ketika memberikan telur ke kura-kura sebaiknya hanya berjumlah 1 hingga 3 butir saja untuk sekali makan serta berikan bagian putih telurnya saja.

Ikan
Ikan juga direkomendasikan untuk pakan kura-kura karena memang sangat menyukainya. Jenis ikan yang dianjurkan adalah jenis ikan berukuran kecil yang bisa dicari di sungai.

Sayur
Jenis sayuran yang bisa diberikan untuk pakan kura-kura adalah seperti lebak, kangkung, wortel dan sawi putih. Meskipun sebenarnya tidak begitu menyukai sayuran namun tak ada salahnya jika sesekali anda memberikan menu ini karena kandungan serat, vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran sangat baik untuk kesehatan kura-kura. Anjuran memberikan sayuran sebaiknya pertama kali sebelum anda memberikan makanan berupa daging ataupun yang lainnya.

Buah
Jenis buah yang cocok untuk kura kura adalah yang teksturnya lunak dan berserat misalnya Pepaya dan Pisang. Berikan dengan cara di potong kecil kecil. Serta berikan sedikit demi sedikit, jangan langsung dalam jumlah yang banyak.

Pelet
Jika ingin yang praktis maka anda bisa memberikan pelet khusus kura-kura. Pelet ini bisa dijadikan sebagai makanan selingan atau ketika anda tidak memiliki banyak waktu untuk memberikan makanan yang harus disiapkan atau diolah terlebih dahulu.

Harga kura kura daun

Harga kura kura daun dan cara memeliharanya
Kura Kura Daun merupakan salah satu spesies kura-kura yang kini banyak diminati untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Untuk mendapatkan kura-kura ini anda bisa membelinya baik itu secara online maupun offline.

harga kura kura daun anakan
harga kura kura daun baby
harga kura kura daun dewasa
harga kura kura daun hitam
harga kura kura daun indukan dentata

Mengenai harganya mungkin akan sedikit bervariasi tergantung pada ukuran atau usianya. Untuk kisaran harga kura-kura daun kurang lebih 200k. Selengkapnya bisa cek disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel