3 Langkah Membuat Konten Situs Yang Menarik

Konten yang bermanfaat dan orisinal sangat penting untuk membangun basis pengguna yang solid dan setia. Jika pengguna menikmati konten Anda, mereka akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain, dan ini akan membantu Anda mengembangkan situs.


Anda harus berhati-hati ketika menggunakan referensi eksternal seperti artikel atau video dari situs lain. Anda harus memberikan konten orisinal buatan sendiri, baik itu berupa berbagi ilmu, saran perbaikan, ulasan, atau pendapat pribadi. Sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Penayang Google, iklan Google tidak boleh ditempatkan pada situs yang berisi konten hasil scraping atau konten yang dilindungi hak cipta. Ini adalah pelanggaran kebijakan dan dapat menyebabkan iklan Anda dinonaktifkan atau akun Anda ditutup.

Pemasaran konten yang hebat tidak hanya mendorong pengunjung baru ke situs Anda, tetapi juga memikat pengunjung sebelumnya untuk kembali. Strategi konten adalah kuncinya, jadi manfaatkan alat yang dapat membantu ini.

1. Identifikasi daerah dengan potensi tinggi

Sebelum Anda duduk untuk membuat konten situs web baru, pahami minat dan perilaku konsumsi konten dari pengguna yang ingin Anda jangkau. Temukan area yang menawarkan paling potensial. Misalnya, ide konten khusus, ide yang memiliki minat atau kueri dalam jumlah besar tetapi sedikit situs yang cocok sering kali layak untuk dimanfaatkan karena menawarkan cara untuk menonjolkan konten Anda.

Topik yang sedang tren

Google Trends menunjukkan apa yang ditelusuri dunia. Ini menganalisis popularitas kueri penelusuran teratas di Google Penelusuran di seluruh wilayah dan bahasa, dan menyajikan grafik untuk membandingkan volume penelusuran kueri dari waktu ke waktu. Ikuti terus penelusuran trending, atau masukkan istilah penelusuran apa pun untuk menemukan topik dan kueri terkait. Teknik ini dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang diminati orang sehingga Anda dapat menyesuaikan konten agar sesuai.

Google Question Hub mengumpulkan pertanyaan yang belum terjawab langsung dari pengguna untuk mengidentifikasi celah konten secara online. Gunakan wawasan ini untuk membuat konten yang lebih baik bagi audiens Anda.

Peluang Pasar menemukan peluang baru untuk membawa bisnis Anda mendunia. Ini menganalisis pencarian bulanan, tren pasar populer, pendapatan per kapita dan jumlah pengguna internet menurut negara untuk membantu Anda memprioritaskan di mana produk, layanan, dan konten Anda akan paling menarik. Tunjukkan daftar pendek target pasar baru yang menjanjikan untuk merek Anda dan perluas konten situs Anda ke pengguna internasional.

Wawasan Konsumen Berita memberikan analisis tentang sumber lalu lintas mana yang mendorong pengguna paling berkualitas dan cara melibatkan pengunjung Anda dengan lebih baik. Misalnya, ketika NCI menunjukkan bahwa jumlah kunjungan per pengguna tinggi tetapi halaman per kunjungan rendah, itu adalah sinyal bahwa resirkulasi internal Anda bisa lebih baik. Letakkan link ke konten Anda yang berkinerja terbaik di bagian bawah artikel dan undang pembaca untuk mengklik.

2. Tingkatkan pemasaran konten Anda

Kenali pemirsa Anda dan bagaimana mereka terlibat dengan situs Anda sehingga Anda dapat melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak, lalu tingkatkan strategi konten Anda. Google Analytics menyertakan sejumlah alat gratis untuk membantu Anda membangun gambaran yang lebih lengkap tentang pengguna Anda dan mengidentifikasi area tempat Anda bisa menjadi lebih baik.

3. Belajar dari tip dan tren terbaru

Jangan lupa untuk melihat gambaran yang lebih besar, termasuk bagaimana penggunaan web oleh orang-orang berkembang dan bagaimana bisnis lain merespons.

Barometer Konsumen menunjukkan bagaimana, kapan dan mengapa orang-orang di seluruh dunia menggunakan web. Gudang penelitian dan sumber daya online yang terus berkembang, mencakup segala hal mulai dari data khusus negara tentang preferensi perangkat konsumen hingga wawasan tentang bagaimana orang-orang membuat keputusan pembelian. Kisah sukses memberikan inspirasi dan ide dari komunitas yang lebih luas.

Sebelum Anda dapat mulai memonetisasi situs dengan AdSense, sebaiknya situs Anda:

  • Mematuhi kebijakan Program AdSense
  • Menyediakan cukup konten yang unik dan berharga bagi pengguna
  • Memiliki elemen navigasi dan memberikan pengalaman pengguna yang baik

Sebaiknya Anda membuat situs berkualitas tinggi, bukan situs dalam jumlah besar. Di bawah ini adalah tips kami untuk membuat situs berkualitas tinggi dan menghadirkan pengalaman pengguna terbaik di situs Anda.

Berikan konten unik yang cukup

Agar situs Anda siap menampilkan iklan AdSense, pastikan halaman Anda memiliki konten unik yang cukup agar kami dapat menentukan tema besar situs Anda.

Anda harus memberikan konten yang membuat pengguna memiliki alasan kuat untuk mengunjungi dan kembali ke situs Anda. Saat Anda membuat konten, sebaiknya pertimbangkan apakah konten tersebut memberikan nilai dan keaslian yang substansial jika dibandingkan dengan situs lain yang membahas subjek serupa, karena hal ini akan menarik lebih banyak pengunjung ke situs Anda.

Alat seperti Google Trends dapat memberi Anda pemahaman tentang hal yang diminati orang, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian pada konten. Google Analytics menyertakan banyak alat gratis yang dapat membantu Anda menyusun gambaran yang lebih lengkap tentang pengguna dan mengidentifikasi area yang mungkin bisa disempurnakan untuk pemasaran konten yang lebih baik. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi postingan blog AdSense tentang membuat konten situs yang sempurna dalam 3 langkah.

Selain itu, pastikan Anda memperbarui situs secara rutin. Terus menambahkan konten baru dan unik akan membuat situs Anda tetap segar dan menghasilkan lebih banyak pengunjung yang kembali.

Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa konten Anda mematuhi pedoman WebmasterPedoman Webmaster menyarankan agar Anda tidak menggunakan penyelubungan dan halaman doorway, halaman yang berisi sedikit atau tanpa konten, atau halaman yang dioptimalkan untuk kata kunci atau frasa tertentu.

Pastikan tidak ada konten duplikat

Sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Penayang Google, iklan Google tidak boleh ditempatkan pada situs yang berisi konten hasil salinan atau konten yang dilindungi hak cipta. Beberapa contoh situs salinan meliputi:

  • Situs yang menyalin dan memublikasikan ulang konten dari situs lain tanpa menambahkan nilai atau konten asli apa pun
  • Situs yang menyalin konten dari situs lain, mengubahnya sedikit (misalnya, dengan mengganti sinonim atau menggunakan teknik otomatis), dan memublikasikannya ulang
  • Situs yang dikhususkan untuk menyematkan konten seperti video, gambar, atau media lain dari situs lain tanpa nilai tambah yang substansial bagi pengguna

Berhati-hatilah saat menggunakan referensi eksternal seperti artikel eksternal atau video sematan. Anda harus memberikan konten orisinal buatan sendiri, baik itu berupa berbagi ilmu, saran perbaikan, ulasan, atau pendapat pribadi. Periksa bahwa konten di situs Anda unik dan bahwa fragmen tidak disalin dari situs lain. Selain itu, pastikan bahwa konten yang sama tidak diduplikasi di halaman yang sama atau di beberapa halaman situs Anda.

Jika Anda memiliki banyak halaman yang serupa atau memiliki konten yang sangat mirip, pertimbangkan untuk memperluas setiap halaman atau menggabungkan halaman menjadi satu.

Selain itu, cobalah untuk meminimalkan pengulangan segmen teks yang panjang di berbagai halaman situs Anda, misalnya, daripada menyertakan teks hak cipta yang panjang di bagian bawah setiap halaman, sertakan ringkasan singkat, lalu tautkan ke halaman dengan detail selengkapnya. Anda dapat menggunakan alat Penanganan Parameter untuk menentukan cara Google memperlakukan parameter URL.

Untuk tips lainnya, tinjau panduan kami tentang cara menghindari pembuatan konten duplikat.

Buat pengalaman pengguna yang baik dengan elemen navigasi

Menyediakan konten asli hanyalah salah satu komponen dalam membuat situs berkualitas tinggi. Konten Anda juga harus informatif dan tertata sedemikian rupa sehingga mudah dinavigasi oleh pengguna. Pertimbangkan susunan elemen (teks, gambar, dll.) di halaman Anda. Tata letak Anda harus terlihat mengundang dan pengunjung harus dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

Menu navigasi yang dapat diakses dan mudah digunakan (atau panel menu) adalah bagian penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik. Saat membuat menu navigasi, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Penataan - Apakah semua elemen navigasi sudah ditata dengan benar di semua perangkat?
  • Keterbacaan - Apakah konten teks di situs Anda mudah dibaca?
  • Fungsi - Apakah menu drop-down berfungsi dengan benar? Apakah semua elemen navigasi dapat diklik?
  • Akurasi - Apakah elemen membawa pengguna ke konten yang tepat?

Setelah Anda menambahkan konten unik ke situs, jangan lupa untuk mengaturnya. Sebaiknya Anda menyusun dan mengatur konten sebagai berikut:

  • Tambahkan elemen navigasi ke panel menu dan atur konten Anda berdasarkan topik, kategori, dll. Ini akan membantu pengguna lebih mudah memahami dan membuka situs Anda.
  • Hindari pengulangan konten yang sama dalam beberapa kategori atau halaman di situs Anda atau pembuatan beberapa halaman atau situs dengan konten yang diambil dari sumber lain.
  • Pastikan situs Anda memberikan informasi dan layanan yang dijanjikan dan tidak memiliki link yang mengarah ke:
    • Klaim palsu tentang konten streaming atau yang dapat didownload.
    • Halaman tidak ada
    • Halaman yang tidak relevan atau menyesatkan
    • Teks pada halaman yang tidak terkait dengan tema atau model bisnis situs
  • Pastikan situs Anda muncul dengan semestinya di browser lain.

Ada banyak situs di luar sana. Selain menghasilkan konten yang hebat, sangat penting untuk membuat konten Anda menonjol. Bagaimana? Salah satu caranya adalah dengan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa (UX).

Gunakan alat untuk menempatkan diri Anda pada posisi pengguna, lalu perbaiki apa pun yang mengganggu kemampuan mereka untuk berpindah dengan mudah melalui situs Anda. Pada akhirnya, pengoptimalan ini dapat memberikan dampak positif pada kinerja iklan Anda.

Alat untuk pengalaman pengguna

1. Ukur kinerja situs Anda

Sebagai langkah pertama, nilai pengalaman pengguna situs web Anda saat ini untuk memahami perkembangan apa yang dibutuhkan.

Lacak metrik penting tentang performa situs Anda di hasil Google Penelusuran menggunakan Search Console. Cari tahu seberapa sering situs Anda muncul, posisi rata-rata, rasio klik-tayang, dan lainnya.

Laporan Kinerja memberikan visibilitas tentang bagaimana lalu lintas penelusuran Anda berubah dari waktu ke waktu, dari mana asalnya, dan kueri penelusuran apa yang paling mungkin menampilkan situs Anda. Lihat halaman mana yang memiliki rasio klik-tayang tertinggi (dan terendah) dari Google Penelusuran.

Buka peluang kinerja yang belum dimanfaatkan dan tingkatkan kualitas halaman web melalui Lighthouse. Dengan audit Lighthouse, Anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah umum yang memengaruhi performa, aksesibilitas, dan pengalaman pengguna situs Anda.

Jalankan pengujian ramah seluler untuk melihat seberapa mudah pengunjung dapat menggunakan laman Anda di perangkat seluler. Cukup masukkan URL halaman untuk mengetahui skor Anda. Sebagian besar pengguna yang datang ke situs Anda kemungkinan besar menggunakan perangkat seluler, jadi jika Anda belum menjadikan situs Anda ramah seluler, Anda harus melakukannya.

Dengan 53 persen pengguna meninggalkan situs seluler yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk memuat, kecepatannya terbayar. Periksa kecepatan halaman seluler Anda dan bandingkan dengan tolok ukur industri.

2. Desain untuk pengalaman pengguna yang optimal

Setelah Anda mengetahui bagaimana ukuran situs Anda, sekarang saatnya menggunakan analisis Anda untuk digunakan dengan strategi UX untuk peningkatan. Ada tiga kerangka kerja pengembangan yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih lancar dan lebih cepat bagi pengguna Anda.

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah kerangka kerja komponen web yang memungkinkan Anda membuat situs berkinerja tinggi yang secara konsisten cepat di semua perangkat.

Desain web responsif adalah tentang menggunakan HTML dan CSS untuk secara otomatis mengubah ukuran, mengecilkan, atau memperbesar situs web agar terlihat bagus di semua perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel.

Aplikasi Web Progresif memberikan pengalaman seperti aplikasi yang dapat dipasang di desktop dan seluler. Dibuat dan dikirim langsung melalui web, aplikasi web ini cepat dan andal di browser apa pun.

3. Selalu ingat ponsel

Karena sebagian besar pengguna sekarang mengakses Google Penelusuran dengan perangkat seluler, versi seluler konten situs Anda adalah yang menginformasikan pengindeksan dan peringkat. Jika situs Anda memiliki konten desktop dan seluler yang terpisah, inilah yang perlu Anda ingat untuk mengoptimalkan pengindeksan yang memprioritaskan seluler.

Situs seluler Anda harus berisi konten yang sama dengan situs desktop Anda.

Data terstruktur harus ada di kedua versi situs Anda.

Metadata harus ada di kedua versi situs.

Terkait desain, ingatlah bahwa pengguna tidak sabar - jadi atur situs Anda sehingga mudah bagi orang untuk menemukan dan melakukan apa yang mereka inginkan.

Fokuskan beranda dan navigasi Anda untuk menghubungkan pengguna ke konten yang mereka cari.

Tawarkan pencarian situs untuk memastikan pengguna dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat.

Pahami perjalanan pelanggan Anda dan biarkan pengguna mengonversi sesuai keinginan mereka sendiri. Memberikan pengalaman konversi yang mulus dan tanpa hambatan melalui formulir yang mudah digunakan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mendorong pengalaman pengguna situs web Anda dari baik menjadi hebat, lihat praktik terbaik desain seluler ini.

Referensi : AdSense

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊