Air Terjun Sri Gethuk yang Mempesona

  Hallo sobat semua, Jumpa lagi nih.
Kali ini kita akan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk. Gunungkidul memiliki obyek wisata air terjun yang mempesona lho, Namanya air terjun itu adalah Sri Gethuk yang tepatnya berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk yang Mempesona

  Air Terjun Sri Gethuk yang mempesona ini sebenarnya dulu bernama Sri Kethuk.
Nama itu berasal dari salah satu instrumen gamelan Jawa, yakni kethuk.
  Konon dulu jika ingin mengadakan pertunjukan wayang, warga meminjam gamelan yang muncul dari permukaan sungai.
  Namun suatu ketika salah satu instrumen gamelan, yakni kethuk tidak dikembalikan. Hal itu membuat gamelan tidak lagi muncul ke permukaan ketika masyarakat ingin meminjamnya kembali.

Air Terjun Sri Gethuk yang Mempesona

  Dari Kota Jogja, jarak tempuh untuk sampai ke Air Terjun Sri Gethuk yang mempesona ini, sekitar 38 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam. Rute terbaik mencapainya adalah melalui Imogiri kemudian ke timur di jalan Imogiri-Dlingo.
  Selanjutnya tinggal ikuti plang arah yang menunjukkan arah ke Air Terjun Sri Gethuk.
   Begitu sampai, pengunjung harus berjalan menuruni tangga untuk sampai di tepi Sungai Oya. Nantinya ada dua pilihan untuk sampai Air Terjun Sri Gethuk yang mempesona ini, yakni naik perahu atau berjalan kaki melewati jalan setapak di sisi sungai.
  Naik perahu memang menjadi pilihan favorit pengunjung. Selain tidak melelahkan, berlayar singkat di Sungai Oya yang diapit dua tebing memang memunculkan sensasi petualangan tersendiri sehingga kunjungan ke Air Terjun Sri Gethuk yang mempesona ini, semakin berarti.
  Lokasi Air Terjun Sri Gethuk juga bisa dicapai dengan berjalan kaki. Rutenya tidak terlalu jauh karena bisa ditempuh sekitar 5-10 menit. Kondisinya pun sudah baik dan tidak licin.

Air Terjun Sri Gethuk yang Mempesona

  Setibanya di lokasi Air Terjun Sri Gethuk, Suara gemercik air yang mengalir di sisi Sungai Oya langsung menyambut dengan merdu. Aliran air terjun dari celah batuan kapur pun tidaklah terlalu deras sehingga aman bagi mereka yang ingin mandi di bawahnya.
  Air yang menerpa tubuh pun akan terasa begitu sejuk, terlebih jika kunjungan dilakukan di siang hari. Pengunjung juga bisa menceburkan diri di Sungai Oya. Bagi mereka yang tidak bisa berenang, telah tersedia pelampung untuk disewa.
  Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk yang nan indah ini, yang bermuara di Sungai Oya memang menjadi sumber pengairan bagi sektor petanian disekitarnya.

  Cukup sekian dulu ya sobat semuanya, Sampai berjumpa kembali   ___ ^_^ ___



0 Response to "Air Terjun Sri Gethuk yang Mempesona"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊