Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan

  Hallo jumpa lagi nih sobat semua, Kali ini kita akan mengunjungi Desa Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan.
  Desa Wisata Nglinggo berada di puncak pegunungan Menoreh,
Secara atministrative merupakan wilayah dari 2 buah dusun, yaitu Nglinggo Barat dan Nglinggo Timur, di desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, DIY.

Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan

    Keberadaan dusun Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan ini, ternyata erat hubungannya dgn sejarah Pangeran Diponegoro. Bahwa pada jaman itu 3 orang pengikut setia Pangeran Diponegoro, yang bernama Ki Linggomanik, Ki Dalem Tanu, dan Gagak Roban mendapatkan wilayah menoreh, yang sekarang meliputi Kulon Progo, Magelang dan Purworejo, sebagai wilayah kosentrasi bergerilyanya melawan Kompeni Belanda.
   Sebagai pusat perjuangan dipilihlah lokasi yang berada di puncak pegunungan menoreh. Sebuah tempat yang strategis untuk menyusun strategi dan mengamati pergerakan kompeni Belanda. Tempat ini kemudian dinamakan Nglinggo, diambil dari nama pemimpinnya yaitu Ki Linggo Manik.

Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan

  Sebagai bukti sejarah, saat ini kita bisa menjumpai adanya 3 petilasan yang banyak ditumbuhi pepohonan besar berumur ratusan tahun. Tempat ini sekarang masih dijaga kelestariannya oleh masyarakat dan menjadi obyek wisata juga.
 
Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan

  Desa Nglinggo dijadikan sebagai salah satu desa wisata tidak lain karena daya tarik keindahan alam pegunungannya.   Di sana kita bisa menikmati keindahan alam, air terjun, perkebunan teh dan kopi.  Selain itu suasana kemasyarakatan yang masih menjaga tradisionalitas kehidupan jawa serta keseniannya semakin menarik untuk dikunjungi.
  Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa berjalan kaki menyusuri petak demi petak perkebunan teh yang terletak di ketinggian 800 m dpl. Dari kebun teh wisatawan bisa menyaksikan pemandangan bukit batu dengan bentuk yang menarik, perkampungan di Kabupaten Magelang dan Purworejo, hutan pinus yang lebat, serta hamparan lembah yang menghijau.

Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan

  Tak hanya wisata alam, Nglinggo Desa Wisata yang Menyejukkan ini, juga kaya dengan wisata budaya. Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni di tempat ini. Mulai belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik bisa wisatawan lakukan di sini.
  Desa Wisata Nglinggo, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo berhasil menyabet gelar Juara I Desa Wisata Terbaik di Yogyakarta 2018.
 Desa wisata yang menyajikan suguhan alam pegunungan dengan kesejukan kebun teh ini, mengalahkan desa-desa wisata lainnya yang menyajikan beragam pesona di Yogyakarta.

                     _____ ^_^ _____


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊