Manfaat Mentimun Untuk Wajah

Mentimun termasuk buah yang memiliki banyak kandungan air sehingga memiliki fungsi menyegarkan, cocok dikonsumsi orang Indonesia. Biasanya diolah menjadi pelengkap masakan, seperti acar, untuk salad, rujak, dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga minuman dari mentimun yang menyegarkan.

Manfaat mentimun untuk wajah

Mentimun atau kementimun merupakan buah yang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap sayuran.

Mentimun dan berbagai olahannya dapat dijumpai di berbagai negara, termasuk Indonesia yang beriklim tropis.

Mentimun memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan, seperti vitamin A, B, dan C, mengandung mineral, seperti magnesium, mangan,  dan silika.

Itulah mengapa, disarankan rutin mengonsumi mentimun sehari-hari. mentimun dipercaya bisa membantu mengatur tekanan darah, berkat kandungan magnesium dan serat tinggi di dalamnya.

Mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah, khususnya kulit wajah. Sekarang telah banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar mentimun, seperti masker, toner, scrub, dan sebagainya.

Berikut manfaat mentimun untuk wajah


1. Sebagai masker wajah anti penuaan


Campurkan setengah mentimun yang telah ditumbuk dengan dua sendok makan yoghurt, kemudian aplikasikan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Mentimun mengandung vitamin C dan asam caffeic, dua antioksidan yang jika diaplikasikan pada kulit akan membantu mengatasi masalah kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari.

Sedangkan yoghurt adalah agen pengelupas kulit yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Ketika dikombinasikan dengan mentimun, akan memiliki sifat pembersihan.

2. Mencegah jerawat dan pori-pori


Sel kulit mati dan kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. menmentimun memiliki sedikit sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Sari menmentimun bisa dimanfaatkan sebagai toner yang akan membersihkan noda-noda pemicu jerawat.

3. Melembabkan kulit


Mentimun mengandung 96 persen air. Kandungan ini membantu untuk melembabkan kulit yang kusam. Namun, perlu diketahui bahwa air saja belum cukup untuk membuat kulit Anda menjadi lebih lembab.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini, menmentimun bisa dicampur dengan bahan lain yang bersifat melembabkan, seperti madu dan aloe vera.

4. Menenangkan mata yang bengkak


Sebagai perbaikan yang instan, tempatkan irisan mentimun dingin di atas mata Anda. mentimun mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan iritasi, untuk memberikan efek pendinginan yang membantu menyusutkan pembuluh darah sehingga mengurangi pembengkakan pada mata.

5. Mengobati kulit terbakar matahari dan iritasi


Efek dari paparan sinar matahari terus menerus bisa sangat menyakitkan. mentimun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, dan vitamin A, serta C yang bisa menenangkan kulit terbakar.

Cukup letakkan irisan mentimun di wajah Anda dan biarkan hingga 15 menit. Setelahnya, gunakan pelembap wajah seperti biasa.

Demikian manfaat mentimun untuk wajah, semoga menambah informasi kita tentang mentimun.

3 Responses to "Manfaat Mentimun Untuk Wajah"

  1. Rasanya sih agak pahit gimana gitu, tapi benar sekali, manfaatnya luar biasa untuk kecantikan ataupun kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Paling mantap di konsumsi habis makan panas atau pedas

    ReplyDelete
  3. Emang timun banyak manfaatnya, biasanya di hari minggu aku kompres mataku dengan irisan timun tipis dan madu, seger banget😍

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru πŸ‘‡

Terima kasih atas kunjungannya 😊