Cara Membuat Masker Timun Untuk Memutihkan Wajah

Cara membuat masker dari timun untuk wajah sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan buah timun saja, atau mencampurkan timun dengan bahan-bahan alami yang lain.

Cara membuat masker timun untuk memutihkan wajah

Adapun beberapa cara membuat masker timun untuk wajah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut :

Cara membuat masker timun sederhana untuk menyegarkan dan meremajakan kulit wajah


Ingin kulit wajah tampak segar? Anda bisa membuat masker timun yang paling mendasar berikut ini.

1. Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan.

2. Gunakan saringan untuk memisahkan sari timun yang sudah dihaluskan.

3. Oleskan sari atau air timun pada wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya.
 
4. Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit.

5. Bilas masker menggunakan air dingin atau air hangat.

6. Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya.

Cara membuat masker timun dan lidah buaya untuk melembapkan wajah


Bagi Anda yang memiliki kulit kering, membuat masker timun dan lidah buaya tak ada salahnya untuk dicoba. Simak cara membuat masker dari timun dan lidah buaya di bawah ini.

1. Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan.

2. Gunakan saringan untuk memisahkan sari mentimun yang sudah dihaluskan.

3. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam sari timun.

4. Aduk merata sampai menjadi pasta masker.

5. Oleskan masker timun dan lidah buaya pada wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya.

6. Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit.

7. Bilas masker menggunakan air dingin. 
Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya.

Cara membuat masker timun, madu, dan oatmeal untuk kulit berjerawat


Cara membuat masker dari timun untuk jerawat ini  bisa Anda terapkan di rumah.

1. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan timun dan 1 sendok madu.

Timun merupakan astringent alami, manfaat oatmeal dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Sementara, manfaat madu mampu menyeimbangkan pertumbuhan bakteri pada kulit.

2. Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan.

3. Gunakan saringan untuk memisahkan sari timun yang sudah dihaluskan.

4. Masukkan oatmeal ke dalam sari atau air timun. Aduk merata sampai halus.

5. Masukkan madu ke dalam campuran air timun dan oatmeal. Aduk merata kembali.
 
6. Oleskan sari atau air timun pada wajah dan leher Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya.

7. Gunakan jari tangan bersih untuk mengoleskannya.

8. Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit.

9. Bilas masker menggunakan air dingin atau air hangat.

10. Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya.

Beberapa orang mungkin ada yang menerapkan cara membuat masker timun untuk memutihkan wajah. Melansir dari Sehatq.com, klaim manfaat masker timun ini belum didukung oleh hasil penelitian sehingga Anda tidak dapat menggunakannya sebagai cara memutihkan wajah.

Manfaat masker timun untuk wajah


Ada berbagai jenis masker wajah alami yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah masker timun. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang ampuh mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit.

Di samping itu, timun juga kaya akan kandungan air (mencapai 96%) sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik.

Tak ayal jika kedua kandungan timun tersebut seringkali digunakan sebagai masker wajah alami yang menyehatkan dan aman, bahkan untuk kulit sensitif sekali pun.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat masker timun untuk wajah :

1. Melawan tanda-tanda penuaan dini


Melawan tanda-tanda penuaan juga bisa jadi manfaat masker timun untuk wajah. Seiring bertambahnya usia, keriput di wajah semakin terpampang nyata.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, manfaat masker timun yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. 

Lebih lanjut, masker timun mengandung vitamin C dan asam folat di dalamnya.
Kandungan vitamin C dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru.

Sementara, asam folat bisa membantu melawan racun dari paparan lingkungan yang membuat kulit tampak kusam sehingga menjadi penyebab penuaan dini.

2. Menenangkan iritasi kulit


Khasiat masker timun juga berasal dari efek antiradang yang dapat meringankan rasa nyeri, kemerahan, dan iritasi pada wajah.
Anda pun bisa memanfaatkan penggunaan masker timun untuk mengatasi kulit terbakar matahari (sunburn), gigitan serangga, hingga ruam.

3. Sebagai toner wajah


Tak hanya dijadikan masker timun, bahan makanan berwarna hijau muda ini dapat digunakan sebagai toner wajah alami yang mampu menenangkan kulit.

Cara membuat toner timun adalah dengan mencuci bersih timun dan mengupas kulitnya.
Kemudian, iris timun tipis-tipis, masukkan dalam panci.

Tambahkan air ke dalam panci, lalu panaskan di atas kompor berapi kecil selama sekitar 5-7 menit.

Jika sudah selesai, haluskan timun yang sudah dimasak dengan blender sampai lembut.

Saring airnya, kemudian pindahkan ke dalam botol semprot kecil untuk digunakan sebagai toner wajah.

Anda bisa menggunakan toner timun setelah membersihkan wajah.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa toner timun hanya bisa digunakan selama 3-4 hari.
Lebih dari rentang waktu tersebut, manfaat timun untuk toner wajah mungkin sudah tidak efektif lagi.

4. Berfungsi untuk cuci muka


Bosan cuci muka dengan air biasa? Anda bisa menggunakan timun sebagai air cuci muka.

Caranya, campurkan air mentimun dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, teh hijau, atau cuka apel.

Menggunakan air timun untuk cuci muka di pagi hari bisa membuat kulit wajah lebih segar dari biasanya.

5. Meredakan pembengkakan pada mata


Pernah alami mata bengkak karena kurang tidur? Yuk, coba masker timun!
Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Fitoterapia, manfaat masker timun bisa meredakan pembengkakan di kulit.

6. Mengurangi kantong mata dan mata panda


Salah satu manfaat masker timun adalah mengurangi kantong mata dan mata panda yang disebabkan oleh kurang tidur.

Hal ini tak terlepas dari kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya. Setelah menggunakan masker timun di area mata, jangan lupa mengoleskan krim mata untuk mengunci kelembapan kulit.

Pasalnya, meski kaya akan kandungan air, masker timun saja tidak mampu menghidrasi kulit di area mata secara maksimal.

7. Baik untuk kulit berjerawat


Manfaat masker timun baik untuk kulit berjerawat, Timun mampu membersihkan pori-pori kulit wajah. Masker timun untuk jerawat juga ada manfaatnya.

Bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat dan iritasi, masker timun bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasinya. Kulit wajah yang berminyak disertai penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat.

Nah, masker timun untuk jerawat dapat membantu membersihkan sekaligus mengencangkan pori-pori.
Dengan ini, risiko munculnya jerawat dapat diminimalisir.

8. Melembapkan kulit wajah


Manfaat masker timun untuk wajah berikutnya adalah melembapkan kulit. Kandungan air sebanyak 96% pada timun akan bekerja dengan optimal bila dicampurkan bahan-bahan alami lainnya.

Misalnya, menambahkan madu, yogurt, atau aloe vera ke dalam masker timun. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk menggunakan pelembap setelah mengoleskan masker timun pada wajah. Sebab, hasil studi menemukan bahwa penggunaan timun untuk wajah tanpa diikuti dengan pelembap setelahnya justru dapat mengurangi hidrasi kulit. Sumber: Sehatq.com

2 Responses to "Cara Membuat Masker Timun Untuk Memutihkan Wajah"

  1. Aku biasanya ngompres kelopak mata pake timun yang udah masuk kulkas. Adhem banget deh. Berasa seger mataku. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Pingin buat, tapi kok nggak telaten ya

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊