Cara Menghentikan Cegukan Saat Puasa

Saat kita sedang berpuasa, bagaimana caranya menghentikan cegukan?  Kalau sedang tidak puasa, ya tentu bisa minum air putih. Lha kalau sedang puasa bagaimana caranya 🤔.

Cara menghentikan cegukan saat puasa

Secara medis, cegukan diartikan sebagai kontraksi spontan yang terjadi pada difragma. Yang dimaksud dengan diafragma adalah otot pemisah rongga dada dan rongga perut, yang berperan penting dalam proses pernapasan. Setiap kontraksi yang terjadi, kemudian akan diikuti oleh penutupan pita suara secara tiba-tiba.

Penyebab cegukan umumnya terjadi saat ada kontraksi dalam diafragma yang membuat pita suara menutup, timbullah “hik.. hik..” sebagai suara cegukan. Penyebab cegukan tiba-tiba yang paling umum adalah makan dan minum terlalu cepat, menelan banyak udara, perubahan suhu mendadak, dan emosi.

Berikut caranya menghentikan cegukan saat berpuasa


✅ Bernapas dalam Kantong Kertas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan saat puasa adalah dengan bernapas dalam kantong kertas.

Caranya pun cukup mudah, kamu hirup udara lalu buang dalam kantong kertas. Ulangi langkah tersebut hingga cegukan hilang.

Bernapas dalam kantong kertas bisa membuat otot diafragma yang tegang menjadi rileks kembali sehingga cegukan pun juga berhenti.

Akan tetapi, dalam melakukan cara ini diminta untuk tidak menggunakan kantong plastik ya!

✅ Tekuk Lutut Mengarah ke Dada

Cara kedua untuk mengatasi cegukan adalah dengan menekuk lutut dan mengarahkannya ke dada sedekat mungkin. Tahan posisi tersebut selama dua menit.

Dengan melakukan teknik ini, diafragma akan tertekan sehingga udara dapat keluar.

✅ Pijat di Area Ulu Hati

Cara ketiga untuk mengatasi cegukan saat puasa adalah dengan memijat area ulu hati secara lembut. Lakukan langkah ini selama 20 hingga 30 detik.

✅ Menahan Napas

Teknik keempat untuk mengatasi cegukan adalah dengan menahan napas.

Caranya sangat mudah, kamu cukup menahan napas dengan 10 hitungan lambat. Lakukan teknik tersebut sebanyak 3-4 kali selama 20 menit hingga cegukan berhenti.


Demikian caranya menghentikan cegukan saat berpuasa. Sumber Ahli kesehatan, Dr Sepriani Timurtini Limbong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel