Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Kota Yogyakarta (1442H)

Bulan yang penuh rahmat, pengampunan dan pembebasan dari api neraka adalah bulan Ramadhan.

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadhan 2021

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


“Barang siapa yang shalat malam pada malam Lailatul Qadar karena iman dan ihtisab (mendekatkan diri kepada Allah), maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.”
(HR. Bukhari)

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda :

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ، وَمَرَدَةُ الجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ، فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ


“Jika telah datang awal malam bulan Ramadhan, diikatlah para setan dan jin-jin yang jahat, ditutup pintu -pintu neraka, tidak ada satu pintupun yang dibuka, dan dibukalah pintu-pintu surga, tidak ada satu pintupun yang tertutup, berseru seorang penyeru: wahai orang yang ingin kebaikan lakukanlah, wahai orang yang ingin kejelekan kurangilah. Dan bagi Allah membebaskan sejumlah orang dari neraka. Hal itu terjadi pada setiap malam.”
(HR. At-Tirmidzi)

Kita semua pasti merindukan bulan Ramadhan, karena di bulan Ramadhan Allah subhanahu wata’ala telah menyuguhi kita pahala-pahala yang besar. Pahala puasa disiang hari, Pahala tegak berdiri shalat tarawih di malam harinya dan pembebasan dari ancaman neraka.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa 13 April 2021.

Penetapan hari pertama bulan puasa tersebut merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kemenag bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam, Senin 12 April 2021 sore.

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Kota Yogyakarta (1442H) ada dalam Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Puasa Ramadhan adalah puasa yang hukumnya wajib dilaksanakan selama satu bulan penuh. Perintah puasa termaktub dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 183-184.

Agar puasa bisa dilaksanakan dengan nyaman, ada baiknya untuk megetahui jadwal Imsakiyah selama bulan Ramadhan 2021. Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Kota Yogyakarta (1442H) meliputi waktu imsak, salat lima waktu, serta buka puasa.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2021 dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Dr Oman Fathurohman, melansir dari Tribunnews.com.

Berikut Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (1442H)


Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Kota Yogyakarta (1442H)

Berikut Bacaan Niat Berpuasa Ramadhan 2021 (1442H)


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى


"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Berikut Doa Berbuka Puasa Ramadhan 2021 (1442H)


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."


Demikian Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2021 Kota Yogyakarta 1442 Hijriyah, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊