Cara Membuat Minyak Mie Ayam Special

Sedikit cerita dulu ya sejarahnya mie ayam 😊, Meskipun mie ini bukan asli Indonesia tapi nyatanya kini mie ayam sudah menjadi makanan tradisional Indonesia. Mie ayam sudah tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa, sangat mudah di temukan.

cara membuat minyak mie ayam

Mie ayam yang kini akrab dijadikan menu santap siang saat lapar menyerang, sebenarnya merupakan makanan khas dari China, yakni bakmi. Di tanah kelahirannya China, bakmi dibuat dari tepung terigu dan disajikan dengan kuah terpisah. Di atas mie biasanya ditambahkan berikut ini lauk berupa potongan daging berbumbu serta sayuran. Dan daging yang umumnya digunakan di China adalah daging babi 😇

Namun, saat pindah ke Indonesia, bakmi berubah menyesuaikan lidah lokal. Dalam perkembangannya daging babi digantikan dengan daging ayam yang disemur kecap, karena mayoritas kerajaan kuno Nusantara merupakan kerajaan Islam 👍

Mie ayam bisa dibilang sudah menjadi kuliner Indonesia. Berbicara soal mie ayam, kawasan yang kental dengan jenis makanan ini adalah Wonogiri, Jawa Tengah. Di daerah ini, mie ayam adalah menu sehari-hari warganya dan banyak dijajakan dalam bentuk gerobak seperti juga di kota-kota besar lain di Indonesia.

Mie ayam khas Wonogiri terdiri dari semangkuk mie yang di atasnya diberi potongan ayam semur, sawi rebus, daun bawang, bakso dan pangsit. Mie ini bisa disajikan dengan berkuah atau kering.

Itu dia kisahnya mie ayam bisa sampai dan viral di indonesia, Ok lanjut ke topik sesuai judul di atas yaitu

Cara Membuat Minyak Mie Ayam Special


Bahan-bahan
  • 200 gram Kulit Ayam
  • 5 buah Bawang Putih Parut
  • 4 buah Bawang Merah di Iris
  • Secukupnya Bawang Bombay
  • 200 mili Minyak Goreng

Langkah Membuat Minyak Mie Ayam Special


Tumis kulit ayam sampai berubah warna kemudian masukan minyak sayur, sambil di aduk-aduk, Masaklah sekitar 7 menit atau sampai kulit matang.

Lalu angkat kulit ayam, Kemudian masukan bawang putih, bawang merah dan bawang bombay. Masaklah sampai bawang matang kecoklatan. Langkah selanjutnya tinggal saring minyak tersebut.

cara membuat minyak mie ayam

Cara Membuat Minyak Mie Ayam Special versi ke 2


Bahan-bahan
  • Kulit dan lemak dari 1/4kg daging ayam yg sudah dicuci bersih
  • 1,5 sdm ketumbar butiran
  • 200 ml minyak sayur
  • 1 cm jahe, geprek
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 6 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, potong tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis untuk digoreng

Langkah Membuat Minyak Mie Ayam Special versi ke 2


Cuci, kupas dan iris-iris Bawang, jahe dan daun bawang

Nyalakan api, Gorenglah bawang, Daun Bawang, Ketumbar, dan kulit ayam. Goreng semuanya hingga matang jangan sampai gosong ya 😊

Goreng dengan api kecil hingga kulit ayam kering dan bumbu lainnya berwarna kecoklatan. Kemudian Matikan api, langsung saring minyaknya.

Setelah minyak ayam dingin, Tuangkan minyak dalam wadah bisa toples atau botol, Kemudian taburi dengan bawang putih dan bawang merah goreng yang sudah ditiriskan tadi. Dengan sedikit di remas atau dihancurkan bawangnya ya, biar minyak ayamnya makin wangi ✨☺

Demikian Cara Membuat Minyak Mie Ayam Special, Mudahkan 😊  Selamat mencoba ✨

0 Response to "Cara Membuat Minyak Mie Ayam Special"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊