Ucapan Singkat Untuk Hari Guru

Guru memiliki peran yang sangat penting dan mulia di tengah masyarakat. Ungkapan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa mengekspresikan pentingnya peran tersebut seperti pahlawan yang menyelamatkan kehidupan banyak orang.

Ucapan Singkat Untuk Hari Guru

Peran guru yang dipandang Mulia oleh masyarakat juga tercermin dari akronim kata guru dalam bahasa Jawa sebagai Di Gugu Lan di Tiru.

Kata Digugu berarti hal-hal yang dikatakannya layak dipercaya oleh orang lain.

Dan Ditiru berarti hal-hal yang dilakukannya layak dijadikan teladan.

Dalam peribahasa bahasa Indonesia Guru kencing berdiri murid kencing berlari, mencerminkan pentingnya peran guru yang bukan hanya ditirukan melainkan juga diimprovisasikan oleh para siswanya. Para siswa bukan hanya mengimitasi perilaku melainkan juga mengembangkannya.

Ingat apa yang pernah diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, yang berarti di depan memberikan teladan, di tengah membangun motivasi, dan di belakang memberdayakan.

Di depan memberi teladan berarti menjadi model bagi para siswa, di tengah yaitu ketika mendampingi dan berinteraksi secara sejajar dengan siswa, Guru selalu membangun keinginan siswa untuk maju.

Tut wuri handayani, yaitu ketika siswa melakukan sesuatu yang baik, Guru memberikan dorongan kekuatan moral dan memberikan bimbingan atau pelatihan agar siswa lebih memiliki keterampilan atau lebih berdaya.

Berdaya di sini berarti siswa menjadi lebih mampu atau lebih terampil di saat ini atau di masa depan.

Berikut ucapan singkat untuk hari Guru


1. Ucapan murid untuk hari Guru


Bu Guru dan Pak Guru, engkau selalu mengajarkan nilai-nilai kejujuran. Kejujuran adalah nilai paling penting dalam hidup. Kejujuran akan selalu membawa keberuntungan. Dalam mengajar, engkau menekankan nilai kerja keras sesuai dengan talenta masing-masing kami sebagai muridmu.

2. Ungkapan untuk hari Guru


Bu Guru dan Pak Guru, engkau selalu memotivasi untuk belajar lebih keras dan serius. Engkau tak bosan bosan terus menyemangati kami agar terus belajar dengan rajin. Sehingga kami percaya bahwa kita bisa dan terus berjuang agar nilai belajar dapat menjadi lebih baik.

3. Ucapan untuk Guru di hari Guru


Pak Guru dan Bu Guru, engkau selalu menginspirasi kami untuk kerja keras. Kerja keras adalah nilai yang paling penting dalam hidup. Kisah kisah perjuangan akan selalu menginspirasi kami. 

4. Ucapan hari Guru dari murid

 
Bu Guru dan Pak Guru, engkau mengajarkan nilai keuletan. Keuletan menjadi hal yang paling dihayati engkau sebagai Guru, harus berjuang dengan ulet dan gigih dalam meraih hal-hal yang diinginkan dalam hidup. Selalu disiplin menghargai waktu, dan bertanggung jawab dalam mendidik.

Selamat hari Guru 25 November 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊