Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu yang lama, walaupun ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara.

Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu
Astrobetta

Asal ikan cupang

Habitat asal ikan cupang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam.
Cupang asli wilayah Indonesia salah satunya adalah jenis Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu
Astrobetta
Awalnya, ikan ini merupakan ikan liar yang bisa dijumpai di sungai, rawa, dan sawah. Para penduduk Thailand kemudian menangkap ikan-ikan ini dan dijadikan sebagai ikan petarung, karena sifat ikan cupang yang agresif. Barulah di tahun 1890an, ikan cupang mulai diperkenalkan ke daerah Eropa dan Amerika.

Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu
Astrobetta
Di Indonesia sendiri, ikan cupang mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia pada 1960-an. Sama seperti di Thailand, ikan cupang awalnya hanya dikenal sebagai ikan sawah yang sering ditangkap anak-anak. Barulah sekitar tahun 1970-an, ikan ini kemudian mulai diperkenalkan sebagai jenis ikan hias dan ikan aduan yang diperjualbelikan.

Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu
Astrobetta
Berbagai jenis ikan cupang memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing. Berikut penampakan Indahnya Ikan Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu.

Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu
Astrobetta

Cara menernak ikan cupang


1. Pilih Indukan Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki beragam jenis, sebelum melakukan pembiakan kamu harus tahu bahwa indukan jantan dan betina sudah masuk kedalam fase matang atau siap untuk dikawinkan.

Cara membedakan Ikan cupang jantan dan ikan cupang betina dengan beberapa ciri berikut:

Jantan
- Siripnya panjang dan berwarna terang
- Bentuk badannya panjang
- Gerakannya lincah

Betina
- Siripnya pendek dan warnanya kusam
- Bentuk badannya lebih bulat
- Gerakannya lambat

Indukan ikan cupang jantan bisa mulai di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan betina 3-4 bulan.

2. Siapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih

Gunakan air sungai yang jernih untuk pemijahan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina. Biarkan air dalam tempat tersebut selama satu malam sebelum memindahkan ikan

3. Tanaman air untuk tempat berlindung anak ikan

Masukkan tanaman air kedalam tempat pemijahan untuk para anak ikan berlindung.

4. Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin

Masukkan ikan cupang jantan untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Proses tersebut membutuhkan waktu selama satu hari.

5. Masukkan indukan betina

Jika gelembung udara sudah siap, masukkan indukan betina. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif jadi biarkan ikan cupang ditempat yang tenang agar tidak terganggu.

6. Angkat indukan betina dari tempat pemijahan

Ikan cupang jantan yang akan berperan menjaga para telurnya, telur tersebut akan dipindahkan kedalam gelembung oleh ikan cupang jantan. Jika tidak dipindakan, ikan cupang betina akan memakan para telur.

7. Telur menetas dan berikan kutu air

Setelah 3 hari para telur akan menetas, mereka tidak perlu diberi makan. Berilah kutu air dengan jumlah yang sedikit agar tidak terlalu banyak dan membuat kotor air dalam wadah.

8. Ambil ikan cupang jantan

Angkat ikan cupang jantan setelah 2 minggu sejak telur menetas. Pindahkan anak ikan tersebut ketempat yang lebih luas dan berikan kutu air atau larva nyamuk.

9. Pilah ikan berdasarkan jenis kelaminnya

Setelah 1,5 bulan pisahkan ikan-ikan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Umur berapa ikan cupang mutasi warna ?

Berikut ini agar warna ikan cupang cepat mutasi :

1. Memberi Garam Aquarium

Ketika ikan cupang beranjak dewasa dan siap untuk dirawat dalam botol satu-satu, maka kasihlah garam aquarium. Manfaat garam aquarium ini memang bukan untuk mengeluarkan warna ikan cupang.

Akan tetapi pemeberian garam ini dimaksudkan agar ikan cupang sehat terbebas dari berbagai bakteri, karena beberapa manfaat garam aquarium seperti misalnya menengendalikan parasit,mencegah serangan bakteri, mengendalikan jamur saprolegnia. Dan masih banyak lagi yang akan kita ketahui pada pembehasan berikutnya.

Secara tidak langsung, jika ikan cupang sehat tentunya akan membuat perubahan warnanya menjadi optimal.

2. Tambahkan Daun Ketapang Kering

Kenapa ikan cupang berubah warna
Entah ini mitos atau bukan, banyak yang percaya bahwasanya salah satu manfaat daun ketapang kering adalah untuk mempercepat proses mutasi.

Terlepas dari itu, yang jelas daun ketapang kering sangat bermanfaat untuk ikan cupang mulai dari membuat pH air sesuai dengan kebutuhan ikan cupang hingga mempercepat proses penyembuhan ikan cupang yang sakit.

Logikanya sama dengan garam akuarium, meskipun sebagian berpendapat daun ketapang kering tidak membantu proses percepatan mutasi ikan cupang, akan tetapi dengan pH air yang sesuai dengan kehidupan alami ikan cupang, tentunya akan membuat ikan cupang bahagia dan kebahagiaan akan membuat ikan cupang menjadikan warna cepat keluar.

3. Jemur Ikan Cupang

Banyak para penghobi ikan cupang yang meyakini dengan menjemur ikan cupang akan merangsang cepatnya proses mutasi, meskipun sebagian dari betta lovers tidak menanggapi hal semacam ini dengan serius.

Apapun opini  para sahabat betta lovers di luar sana, admin percaya dengan menjemur ikan cupang kurang lebih 10 menit setiap hari akan membantu cepatnya proses mutasi.

4. Pemberian Pakan Yang Bergizi Tinggi

Maksudnya pemberian pakan yang umum dan memang disukai oleh ikan cupang, selain itu pakan ikan cupang tersebut juga mengandung beta carotene tinggi.

Saat ini para penghobi ikan cupang mempercayai bahwa pemberian pakan udah adalah salah satu cara untuk mengeluarkan atau menaikan warna ikan cupang.

Itu karena udang memiliki kandungan beta carotene yang tinggi dan tentunya akan membuat perubahan warna pada ikan semakin cepat, cerah dan juga cemerlang.

5. Rutin Mengganti Air

Yang tak kalah penting dari semua resep rahasia cara cepat merubah warna ikan cupang adalah penggantian air yang teratur.

Banyak dari para penghobi ikan cupang yang paling sering dilupakan atau kurang diperhatikan adalah rutinitas penggantian air.

Hanya dengan mengandalkan cara-cara yang disebutkan di atas, merasa cukup dan membiarkan ikan cupang dalam waktu lama tanpa penggantian air.

Padahal air adalah sumber utama dan yang paling utama untuk meningkatkan atau mempercepat naiknya warna ikan cupang selain dari GEN ikan itu sendiri.

Untuk itu lakukan pergantian air secara rutin 3 hari sekali sebanyak 30% dan seminggu sekali secara total. Ok semoga ikan cupang betta overs semua cepat mutasi

Apa itu besgel pada ikan cupang ?

Besgel merupakan salah satu istilah yang sangat lazim diucapkan di kalangan para penghobi ikan cupang. Besgel sendiri merupakan jenis ikan ikan cupang yang tidak ada patokannya.

Beda dengan jenis ekor ikan cupang plakat misalnya, itu berarti jenis ikan cupang hias yang memiliki ekor pendek. Beda pula dengan jenis warna ikan cupang blue rim misalnya, itu artinya jenis ikan cupang yang memiliki warna putih dragon di badannya dengan list biru di bagian tepi sirip dan ekor.

Atau jenis-jenis ikan cupang yang lainya baik dilihat dari jenis ekor maupun dari jenis warna pada dasarnya ikan cupang ada kriteria atau ciri-ciri yang menjadikanya memiliki nama sesuai dengan namanya.

Sedangkan ciri-ciri ikan cupang besgel ini masih acak, untuk itu kita musti memahami arti nama ikan cupang besgel ini.

Secara sederhana besgel merupakan kependekan dari kata bebas gelap, itu artinya ketika penghobi ikan cupang menyebut nama ikan cupang dengan sebutan besgel, kita hanya mengartikanya dengan ikan cupang yang warnanya bebas, akan tetapi harus warna gelap.

Dengan melihat arti nama besgel, tentunya kita bertanya seperti apa ciri-ciri ikan cupang besgel ini?

Mari simak penjelasan berikut ini :

Bebas : Warna ini bisa seluruh badan ikan cupang, atau di sirip atau di ekor….karena bebas.

Gelap : Itu artinya kebebasan warna yang ada pada ikan cupang tersebut musti warna gelap, seperti misalnya warna biru, warna hitam, merah, hijau, copper.

Warna acak di tubuh, sirip ekor dan juga badan maupun kepala inilah yang dimaksud dengan cupang bebas, sedangkan warna yang menempel adalah jenis-jenis warna gelap, dengan ciri-ciri seperti itulah cupang disebut ikan cupang besgel atau bebas gelap.

Lalu apakah harus warna-warna gelap ini becampur, atau misalnya jika ada ikan cupang memiliki warna hitam semua misalnya apakah disebut juga dengan besgel.

Warna hitam pada satu ikan, atau warna biru pada satu ikan meski warna-warna tersebut bagian dari warna gelap, umumnya penyebutanya bukan besgel, melainkan solid seperti misalnya super black.

Setelah kita memahami arti nama ikan cupang besgel dan ciri-cirinya tentunya kita bertanya, warna besgel ini dari mana asalnya?

Semua warna ikan cupang yang kita lihat pada saat ini merupakan hasil kawin silang dulunya, akan tetapi perlu kita ketahui bahwasanya ikan cupang besgel ini terbagi menjadi 3 bagian dalam dunia percupangan.

Mari kita lihat apa maksud dari 3 pembagian jenis ikan cupang besgel ini :

Besgel asli untuk komersial

Besgel asli untuk komersial ini maksudnya adalah ikan cupang besgel yang memang di ternak atau dibudidayakan untuk dijual pada anak-anak kecil. Umumnya ikan besgel ini tidak ada nilai lebihnya, itu karena pasarnya adalah di bawah standar.

Besgel Asli Untuk Kontes

Jenis selanjutnya adalah besgel yang dikembangkan untuk kontes ikan cupang SNI. Jenis ini pasarnya adalah para pemain kontes.

Karena pasarnya adalah kontes, tentunya banyak kelebihan yang di miliki ikan cupang besgel jenis ini, baik dari segi ekor maupun ke seluruhan badan.

Dalam kontes Standar Nasioal Indonesia, kelas besgel bisa dibilang kelas neraka, kelas yang paling sulit. Itu karena umumnya kelas ini yang paling banyak pesertanya dan tentunya semua besgel dalam kelas ini istimewa dan akan sangat sulit bersaing dalam kelas ini.

Sebenarnya tidak hanya pemain kontes saja yang mengembangkan jenis ikan cupang besgel ini, para pemain ikan cupang warna juga banyak yang melirik untuk dikawin silangkan dengan harapan memiliki hasil ikan cupang yang warna dan ekor serta bodinya sempurnya.

Tentunya untuk harga ikan cupang besgel ini lumayan, umumnya untuk bahanan saja bisa mencapai 100 ribuan per ekornya.

Besgel mutasi

Yang terakhir adalah besgel mutasi, besgel ini beda dengan kedua besgel yang admin jelaskan tadi, jika keduanya sekali dikembangkan langsung ada pasarnya.

Besgel mutasi ini belum ada pasar secara khusus, pengembangnya atau breedernya tidak memiliki tujuan untuk memperbanyak besgel, melainkan warna setelah besgel adalah tujuan utamanya.

Itu artinya besgel jenis ini merupakan warna tahapan dalam perubahan warna ikan cupang. Yang bisa dibilang besgel dari jenis ini adalah ikan gagal produk.

Umumnya besgel mutasi ini adalah dari semua jenis ikan cupang warna, seperti misalnya avatar, koi, multi, blue rim dan lain sebagianya yang mempertahankan warna besgelnya alias tidak mutasi ke warna yang diinginkan oleh peternaknya.

Karena belum ada pasarnya, biasanya besgel jenis ini paling akhir akan dijual pada anak-anak kecil. (Source: Penjualcupang.com)





1 Response to "Indahnya Cupang Plakat Blue Candy Milkita Susu"

  1. Belakangan ini ikan cupang sedang hangat diperbincangkan, mulai banyak para breeder(peternak) ikan yang mulai mendapatkan jenis-jenis baru, yang memiliki nilai dalam segi keunikan, bahkan harga yang relatif tinggi.

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊