Cara Kerja Thermostat Otomatis Dispenser

Apa itu Thermostat ~ Termostat merupakan salah satu komponen pada perangkat elektronik yang fungsinya melibatkan perubahan suhu. Cara kerja termostat secara singkat adalah memutus dan menyambungkan kembali listrik ketika terjadi perubahan suhu.

Cara kerja thermostat otomatis dispenser

Fungsi dari thermostat adalah sebagai pengatur masuk dan keluarnya arus listrik sebagai penghantar energi panas. Jika air didalam tabung water heater telah berubah menjadi panas, maka thermostat seketika akan memutuskan aliran listrik.

Thermostat adalah suatu alat atau benda yang berfungsi untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik pada saat merespon perubahan suhu disekitarnya. Thermostat berasal dari bahasa Yunani yang merupakan perpaduan dari kata Thermo (panas) dan juga Statos (tetap sama).

Prinsip Kerja Bimetal

Bila didinginkan, keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang angka koefisien muai panjangnya besar. Berdasarkan prinsip kerja tersebut, bimetal dipakai sebagai termostat. Termostat merupakan alat yang memiliki berfungsi ganda yakni sebagai saklar otomatis dan sebagai pengatur suhu.

Suhu Thermostat Dispenser

Sebagian water-dispenser menggunakan thermostat mekanik dengan sensor suhu 70ºC sedangkan sebagian lagi menggunakan sensor suhu 85ºC. Bahkan ada juga yang menggunakan sensor suhu 95ºC (mendekati titik didih). Dalam hal ini tidak terlalu masalah mengganti heat-switch 70ºC dengan yang 85ºC atau sebaliknya.

Berikut cara kerja Thermostat otomatis Dispenser


Cara kerja thermostat otomatis adalah ketika suhu tercapai misalnya tertulis di thermostatnya suhunya 92 derajat, maka ketika suhu panas mencapai 92 derajat otomatis thermostat akan putus.

Dan ketika suhu turun di bawah 92 derajat misal 85°, otomatis termostat akan menyambung kembali dan di bagian tabung pemanas air, akan panas kembali. Begitu terus berulang-ulang.

Tanda tanda Thermostat otomatis rusak


Tanda-tandanya thermostat otomatis rusak adalah sebagai berikut, ketika suhu panas misalkan thermostat 92 derajat, padahal sudah sudah melebihi 92 derajat thermostat tidak otomatis memutus sambungan listrik, Nah itu namanya thermostatnya sudah rusak.

Ketika Thermostat melebihi suhu dari ukurannya, artinya nyambung terus itu akan mengakibatkan overhead atau over panas. Tanda tandanya terasa panas juga di kran yang harusnya dingin, ikut panas.

Kemudian pertanda kedua sebagai berikut, Ketika thermostat dispenser on atau nyala kemudian suhunya 92 derajat sudah tercapai, otomatis thermostat off memutus dan ketika putus itu tidak mau nyambung kembali. Itulah yang menyebabkan dispenser tidak panas. Demikian dua ciri ciri Thermostat rusak.

Demikian cara kerja thermostat otomatis dispenser dan cirinya Thermostat masih normal atau sudah rusak. Keterangan di atas juga berlaku untuk Thermostat Majigcom & Majigjar. Semoga bermanfaat ketika sobat virals.my.id membutuhkan.

0 Response to "Cara Kerja Thermostat Otomatis Dispenser"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊