Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Dengan Mudah

Tips dan Trik Teknologi ~ Bagi pengguna Android, memiliki banyak aplikasi untuk mendukung aktivitas atau hanya sekadar sebagai hiburan tentu sangat diperlukan. Tentunya untuk memberikan kesenangan sendiri untuk pengguna.

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan mudah

Jika aplikasi yang telah terpasang di HP Android tidak sengaja terhapus, maka perangkat akan mencopot pemasangannya sehingga pengguna tidak dapat menggunakannya lagi.

Apa yang terjadi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi kesayangan kamu? Ya, kasian kehapus permanen aplikasinya. Hehe, bercanda. Kamu tidak perlu khawatir sampai guling-guling dikasur, bahkan sampai salto-salto, berikut akan dipaparkan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android dengan menggunakan Google Play Store:

1. Buka Google Play Store


Google Play Store merupakan toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android
yang menyajikan berbagai pilihan aplikasi dan game yang dapat dinikmati penggunanya.

Untuk dapat mengembalikan aplikasi yang telah terhapus, pengguna dapat menggunakan Google Play Store atau tempat yang digunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Buka menu Google Play Store yang ada di HP Android milik pengguna.

2. Tap Ikon Garis Tiga


Pada bagian menu utama Google Play Store, pengguna akan melihat berbagai 
koleksi aplikasi dan game terbaik yang ditawarkan oleh Google. Aplikasi-aplikasi 
yang ditampilkan merupakan aplikasi populer dari berbagai peringkat atau aplikasi lama yang mengalami peningkatan kualitas.

Di menu tampilan utama Google Play juga terdapat ikon film dan buku berbayar maupun gratis yang dapat dinikmati oleh pengguna.

Di bagian atas menu, terdapat menu penelusuran yang dapat digunakan untuk 
mencari aplikasi atau game yang diinginkan agar ditemukan dengan mudah. 

Namun, untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus, pengguna harus mengklik ikon garis tiga yang terdapat di bagian pojok kiri atas. Di dalam ikon tersebut terdapat berbagai pilihan menu yang dapat dipilih pengguna untuk memudahkan apa yang sedang dicarinya.

3. Pilih Aplikasi & Game Saya


Saat sudah masuk ke dalam menu ikon garis tiga, pengguna tinggal memilih 
‘Aplikasi & game saya’ yang ada pada bagian teratas.

Selain menu tersebut, ada menu lain seperti Notifikasi, Langganan, Wishlist, Akun, dan menu lainnya yang dapat membantu pengguna. Di sana juga terdapat menu setelan yang dapat dipilih pengguna untuk meningkatkan performa Google Play yang digunakannya.

4. Pilih Koleksi


Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengguna yaitu memilih menu Koleksi yang letaknya sejajar dengan Update dan Terinstal. Memilih menu koleksi Google Play merupakan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android dengan cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan Google Play memiliki sistem khusus yang dapat mencatat dan mengelola aplikasi lama yang telah terinstal di perangkat.

5. Cari Aplikasi yang Ingin Diinstal Ulang


Karena berisi berbagai aplikasi yang telah diinstal sebelumnya, pengguna tinggal 
mencari aplikasi yang ingin dikembalikan melalui menu Koleksi, dalam list tersebut 
akan muncul aplikasi yang tidak sengaja di uninstall.

Di pilihan menu tersebut, pengguna dapat mencari aplikasi yang sebelumnya 
terinstal berdasarkan abjad atau bisa juga berdasarkan aplikasi terbaru. Jika sudah 
menemukan aplikasi mana yang ingin dikembalikan, pengguna tinggal menginstal ulang dengan memilih tulisan Instal di samping aplikasi.

6. Aplikasi Hilang Sudah Kembali


Selama menunggu proses instal berhasil, pastikan perangkat memiliki koneksi 
internet yang baik atau terhubung dengan koneksi WiFi jika ukuran aplikasi besar. Jika penginstalan sudah selesai, aplikasi akan otomatis terpasang dan pengguna dapat mengecek aplikasi yang hilang tersebut di layar utama ponsel Android.

Tentunya cara mengembalikan aplikasi yang terhapus melalui Google Play Store sangat mudah dan cepat dilakukan. Nah, Cukup mengikuti langkah-langkah yang telah dipaparkan diatas, aplikasi kamu yang hilang dapat kembali dengan mudah dan mendapatkan pembaharuan yang terbaru, jadi jangan panik ya.

Untuk mengembalikan data-data pada aplikasi yang terhapus, kamu cukup melakukan login ulang dalam aplikasi kamu, dan akan kembali data-data kamu yang ada pada aplikasi kamu dengan menggunakan otomatisasi backup dan restore data.

Itulah cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android dengan mudah menggunakan Google Play yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat oleh siapa saja. Sistem yang ada pada Google Play memungkinkan penggunanya mencari aplikasi lama yang telah terinstal sebelumnya. Jika aplikasi yang diinginkan telah terinstal kembali, secara otomatis aplikasi tersebut akan terpasang dan muncul di layar utama HP Android.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

🚴‍♀️ Post Terbaru

Terima kasih atas kunjungannya 😊