Lima Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan

Daun ketumbar adalah bagian tidak terpisahkan dari masakan, baik itu dalam sup, salad, kari, dan sebagainya. Daun ketumbar memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk mengatur kadar gula darah, melindungi hati dan ginjal, serta memberikan sifat antioksidan yang berguna.

Lima Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan

Ketumbar secara ilmiah disebut Coriandrum sativum dan termasuk keluarga Apiaceae yang secara alami merupakan sumber nutrisi.

Ketumbar pada dasarnya adalah tanaman lunak dengan ketinggian 50 meter. Batangnya hijau dan memiliki daun lebar yang akan berkembang menjadi bunga putih atau merah muda. Daun ketumbar sangat baik untuk tujuan pengobatan.

Daun ketumbar menunjukkan profil nutrisi yang mengesankan, tinggi protein dan serat makanan, dengan kolesterol dan lemak jenuh yang dapat diabaikan.

Selain itu, daun ketumbar juga kaya vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat seng, kalsium, magnesium, zat besi, hingga fosfor.

Kemudian daun ketumbar memiliki zat antioksidan kuat seperti karotenoid, flavonoid, dan antosianin yang meningkatkan fungsi anti-inflamasi serta anti-mikroba.

Berikut lima manfaat daun ketumbar bagi kesehatan


1. Mengatasi masalah perut


Antosianin dalam daun ketumbar meningkatkan kualitas anti-inflamasi yang membantu penyembuhan sakit maag dan gangguan pencernaan. Selain itu, mengonsumsi daun ketumbar juga meningkatkan kadar sekresi mukosa lambung yang melindungi dinding lambung dari asam kuat.

2. Menjaga kesehatan mata


Daun ketumbar mengandung banyak vitamin A, selain vitamin C, vitamin E, dan antioksidan kelas karotenoid yang meningkatkan penglihatan. Semua itu juga efektif dalam menyembuhkan konjungtivitis serta gangguan penglihatan degeneratif terkait usia dan makula.

3. Mengobati disfungsi hati


Jumlah alkaloid dan flavonoid yang kaya dalam daun ketumbar membantu menyembuhkan penyakit hati seperti penyakit kuning dan gangguan empedu. Selain itu, semua nutrisi tersebut juga memberikan sifat hepatoprotektif yang berguna untuk meningkatkan fungsi hati serta melancarkan pembuangan racun dari tubuh.

4. Meringankan gejala diabetes


Tingkat serat makanan dan protein yang signifikan dalam daun ketumbar membantu mengatur kadar gula darah. Minum segelas kecil jus ketumbar dengan sedikit infus lemon dan madu dapat mengontrol nafsu makan, meningkatkan penurunan berat badan, serta meringankan gejala diabetes.

5. Menjaga kesehatan tulang


Daun ketumbar mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor. Makan daun ketumbar dapat meningkatkan kepadatan tulang serta meredakan nyeri sendi pada arthritis dan osteoporosis.

Demikian lima manfaat daun ketumbar bagi kesehatan, sumber: Okezone.

12 Responses to "Lima Manfaat Daun Ketumbar Bagi Kesehatan"

  1. Ketumbarnya dimakan gitu aja apa kudu diseduh ya yang untuk kesehatan tulang itu?

    ReplyDelete
  2. Kalo boleh jujur nih, sy tuh paling gak suka kalo ada masakan trus ketumbarnya terasa banget. Eh, ternyata manfaatnya buanyak yaa

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak manfaatnya juga ya ketumbar

    ReplyDelete
  4. Wahh terima kasih atas informasinya mas, emang bener sih ketumbar tuh banyak manfaatnya bagi kesehatan 😁

    ReplyDelete
  5. Baru tau ternyata daun ketumbar banyak manfaatnya ya bagi kesehatan, jadi pengen nanam ketumbar. Eh bisa gak ya tanam di rumah

    ReplyDelete
  6. Banyak juga manfaatnya, keren deh

    ReplyDelete
  7. Wah, ternyata tidak hanya ketumbarnya yang bermanfaat, tetapi daunnya juga.

    ReplyDelete
  8. Ketumbar banyak manfaatnya juga ternyata, terimakasih kang

    ReplyDelete
Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊