5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Bawang bombay memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Bawang bombay biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya. Disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai yang sekarang namanya Mumbai di India ke Indonesia.

Bawang bombay diyakini mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan agen antibakteri. 

Bawang adalah bagian tak terhindarkan dari beberapa resep masakan . Menurut para peneliti, bawang sangat sehat dengan kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.

Selain itu flavonoid yang terdapat dalam bawang merah juga bermanfaat menurunkan risiko beberapa penyakit seperti parkinson, stroke, dan penyakit kardiovaskular. Salah satu jenis bawang yaitu bawang bombay , juga diyakini mengandung serat, asam folat, antioksidan, dan agen antibakteri.

Di antara jenis bawang lain, bawang bombay lebih sehat. Asupan bawang ini baik untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun matang. Seperti dilansir dari laman Boldsky

Berikut 5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan


1. Mengatur Kadar Gula Darah


Kandungan dalam bawang bombay yaitu kromium dan belerang membantu mengatur gula darah dan menurunkan gula darah. Beberapa Penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang secara teratur bermanfaat bagi penderita diabetes atau pradiabetes.

2. Memiliki Sifat Melawan Kanker


Sifat allium dalam bawang bombay memiliki senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang terbukti memiliki sifat melawan kanker. Selain itu, bawang bombay juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

3. Dapat Tingkatkan Kesehatan Pencernaan


Bawang bombay kaya inulin dan fruktooligosakarida prebiotik. Jika Anda konsumsi secara teratur, dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang


Beberapa ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang bombay dapat membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan, serta mengurangi pengeroposan tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

5. Tingkatkan Kesehatan Jantung


Bawang mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol serta efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Demikian bahasan 5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.


0 Response to "5 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang keren ☺😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Post Terbaru 👇

Terima kasih atas kunjungannya 😊