Cara Mengecek Jangkauan Sinyal TV Digital Dengan Aplikasi

Untuk menyambut Analog Switch Off (ASO) yang akan dilakukan paling lambat 22 November 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan cara untuk mengecek sinyal TV Digital di berbagai daerah menggunakan aplikasi bernama Sinyal TV Digital.

Cara Mengecek Jangkauan Sinyal TV Digital Dengan Aplikasi

Kemenkominfo menjelaskan aplikasi Sinyal TV Digital dapat diunduh di perangkat iOS maupun Android. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital yang berukuran 32.8 MB.

Berikut cara mengecek jangkauan Sinyal TV Digital dengan Aplikasi


1. Unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store atau Apple Store

2. Setelah terpasang di perangkat ponsel pintar, buka aplikasi Sinyal TV Digital tersebut

3. Aplikasi Sinyal TV Digital akan meminta izin akses lokasi Anda, kemudian pilih izinkan

4. Tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi, di tempat Anda berada

5. Di bagian kiri bawah terdapat kolom Legend. Jika dibuka, kolom tersebut akan memberikan informasi di mana lokasi sinyal tv digital dengan keterangan kuat hingga lemah

6. Cek pada peta warna apa yang muncul


Aplikasi Sinyal TV Digital

Aplikasi tertanda buatan pengembang PT Bangunindo Teknusa Jaya ini bisa mengetahui apakah di lokasi sudah memiliki layanan tv digital atau belum.

Terdapat juga peta lokasi multipleksing saluran televisi digital, yang digambarkan mirip seperti satelit pemancar yang biasa digunakan oleh penyedia siaran tv analog, salah satunya yakni multipleksing Trans TV yang berada di DKI Jakarta.

Terdapat juga informasi yang isinya menjelaskan frekuensi hingga ketinggian antena stasiun pemancar. Aplikasi 'Sinyal TV Digital' itu mengklaim Trans TV Jakarta berada pada frekuensi 40 dan memiliki ketinggian antena stasiun pemancar 626 MHz.

Demikian caranya mengecek jangkauan Sinyal TV Digital dengan Aplikasi Sinyal TV Digital, Sumber: CNNindonesia.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel