6 Aplikasi Investasi Saham Terbaik

Investasi saham memang cukup menjanjikan. Ada potensi imbal hasil besar yang menunggu di ujung jalan, dibanding instrumen investasi lainnya. Melansir dari Bigalpha.id, Imbal hasil yang tinggi juga sebanding dengan risikonya yang cukup besar. High risk, high return. Slogan ini paling tepat menggambarkan peluang investasi di pasar saham. 

6 Aplikasi investasi saham terbaik

Karenanya, seorang investor tetap perlu mempertimbangkan profil risiko saat akan memilih sebuah instrumen investasi. Bila memang sudah siap memasuki instrumen saham, maka investor masih perlu melakukan riset dan kajian dalam memilih saham. 

Salah satu cara investasi saham yang paling mudah dan simpel adalah menggunakan aplikasi saham. Aplikasi ini disediakan oleh perusahaan sekuritas, atau oleh perusahaan yang bekerja sama dengan sekuritas. Tentu tetap harus seizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagi investor saham pemula, keberadaan aplikasi saham tentu sangat membantu. Hanya dengan satu aplikasi di ponsel, kamu bisa melakukan pendaftaran hingga melakukan jual-beli saham. 

Berikut 6 Aplikasi investasi saham terbaik


1. IPOT 


Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah salah satu aplikasi saham yang paling populer di Indonesia. Aplikasi IPOT merupakan ekosistem online trading dari PT Indo Premier Sekuritas untuk berinvestasi saham, reksadana, dan ETF dengan fitur yang cukup lengkap. 

Salah satu unggulan yang ditawarkan IPOT adalah adanya mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator yang secara otomatis bisa menjalankan seluruh instruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang telah kamu tentukan. Dengan fasilitas ini, kamu tidak akan kehilangan momen untuk melakukan perdagangan saham pada harga yang kamu harapkan. 

Investor juga bisa menentukan pilihan investasi pertamamu di reksadana dengan bantuan Fund Evaluator. 

Kelebihan IPOT

  1. Pendaftaran akun bisa dilakukan secara online, tanpa tatap muka
  2. Tidak ada minimum deposit saat membuka akun saham
  3. Integrasi investasi saham dan reksadana dalam satu aplikasi
  4. Ada berbagai fitur yang memudahkan investor melakukan transaksi saham
  5. Charting Stock & Fund yang cukup lengkap
  6. Ada fitur berita dan riset yang mendalam oleh tim Indo Premier
  7. Tampilan antarmuka (user interface) yang memudahkan pengguna
  8. Fee jual saham disebutkan 0,29 persen per transaksi, sementara fee beli saham 01,9 persen per transaksi. 

2. Stockbit


Aplikasi Stockbit awalnya hadir sebagai komunitas forum trading saham alias social trading. Forum ini menawarkan banyak manfaat karena para investor bisa saling bertukar informasi mengenai emiten ataupun rekomendasi saham. 

Stockbit semakin dikenal karena saham sendiri merupakan instrumen investasi yang pergerakan harganya cukup dipengaruhi oleh sentimen pasar, termasuk oleh pemberitaan atau rumor. Dengan adanya forum di Stockbit, para investor saham senior bisa memberikan analisisnya terkait sentimen pasar yang ada dan bagaimana dampaknya ke emiten tertentu. 

Bagi investor saham pemula, tentu saja informasi seperti ini sangat berharga. Meski tidak akurat 100 persen, namun informasi dan analisis ini cukup berguna sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan transaksi. 

Namun seiring berjalannya waktu, Stockbit pun menyediakan fasilitas jual beli saham dengan bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Tapi ingat, Stockbit ini bukan broker saham ya.

Di aplikasi Stockbit, disebutkan bahwa Stockbit adalah aplikasi invstasi saham di mana kamu dapat berdiskusi, menganalisis, dan trading saham dalam satu aplikasi mobile. 

Kelebihan Stockbit

  1. Bisa online trading saham
  2. Ada fitur belajar saham
  3. Belajar saham dengan virtual trading atau simulasi jual-beli saham scara online yang memudahkan kamu belajar investasi saham. 
  4. Forum diskusi bersama soal saham
  5. Kamu bisa menganalisis informasi seputar saham dengan investor dan trader di dalam komunitas Stockbit. Sudah lebih dari 100.000 investor dan trader yang bergabung dan saling berbagi tips saham di dalam komunitas ini. Kamu bisa dapat rekomendasi saham atau stockpick dari sekuritas dan lembaga riset secara gratis. 
  6. Tersedia chart saham dan technical indicator.
  7. Kamu bisa melakukan charting saham in the Cloud dengan Chartbit (online charting platform) untuk mendukung aktivitas trading kamu. Tersedia signal saham seperti foreign flow dan data bandar (bandarmology). Juga ada technical indicator lengkap dengan Foreign Flow, Bandarmology, Darva Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI, dan masih banyak lagi
  8. Menyediakan data fundamental
  9. Data fundamental saham yang kamu perlukan untuk menjadi seorang investor yang penuh perhitungan. Seperti PE Ration, Price to Book Value, Debt to Equity, ROE, hingga Dividend Yield
  10. Cocok untuk investor atau trader
  11. Stockbit dapat membantu investor dengan prinsip value investing maupun trader yang menerapkan swing trading. 

3. MOST Mandiri


MOST adalah aplikasi trading saham yang disediakan oleh Mandiri Sekuritas, salah satu broker saham terbesar di Indonesia. Mandiri Sekuritas sekaligus merupakan anak usaha PT Bank Mandiri Tbk. MOST hadir dengan user interface atau tampilan antarmuka yang ramah terhadap pengguna baru atau investor saham pemula. 

Di MOST, fee jual saham 0,28 persen per transaksi dan fee beli saham 0,18 persen per transaksi. 

Kelebihan dari MOST

Pendaftaran akun bisa dilakukan full online
Mandiri Sekuritas menghadirkan dukungan pelatihan secara tatap muka atau online bagi investor saham
Akses penuh ke riset harian dari para analisis andal Mandiri Sekuritas

4. BIONS - BNI Sekuritas Innovative Trading System


Sama seperti MOST, BIONS dihadirkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), salah satu BUMN perbankan terbesar di Indonesia. BIONS juga menampilkan tampilan tatap muka yang menarik dan ramah terhadap investor pemula. Bila kamu berminat berinvestasi saham dengan BIONS, maka perlu sediakan setoran awal minimal Rp 1 juta. 

Kelebihan BIONS

  1. Tampilan yang ramah terhadap investor pemula
  2. Ada akun trial, untuk calon investor yang masih mencoba tanpa menggunakan uang. Dengan fasilitas ini, calon investor bisa membiasakan diri dengan aktivitas perdagangan saham secara online
  3. Fitur yang disediakan BIONS cukup lengkap, mulai dari automatic order list, watchlist, sector trade, research, fundamental, hingga corporate action. BIONS juga menghadirkan berita dan informasi terkii serta hasil riset dari BNI Sekuritas

5. Philips POEMS ID


POEMS (Phillip's Online Electronic Mart System) merupakan aplikasi trading yang dihadirkan oleh Philips Securities. POEMS memberikan opsi pembukaan rekening dana nasabah (RDN) yang cukup beragam, di antaranya adalah Bank BCA, Mandiri, Permata, dan Sinarmas untuk akun konvensional dan BCA Syariah untuk akun syariah. 

Ada dua layanan unggulan yang disediakan POEMS ID, antara lain:

1. ProStock

Layanan untuk berinvestasi saham secara realtime, aman, dan mudah. Dengan layanan ProStock di dalam POEMS ID, investor dapat melakukan analisa fundamental yang didukung dengan laporan perusahaan yang lengkap dan up to date, serta dapat melakukan analisa teknikal dengan charting yang didukung oleh Trading View.

2. Profunds

Layanan untuk melakukan investasi di supermarket reksa dana online, terdapat lebih dari 100 produk reksa dana dari manajer investasi tepercaya di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau mulai dari Rp50.000. Investor dapat melihat informasi memantau pertumbuhan reksa dana yang dimiliki secara realtime. Saat ini Profunds merupakan salah satu supermarket reksa dana online tebesar di Indonesia.

Beberapa fitur cerdas yang terdapat dalam aplikasi POEMS ID


1. Fitur SmartStart

Fitur yang memberikan rekomendasi paket reksa dana bagi para investor pemula yang isinya disesuaikan dengan profil risiko konservatif, moderat, dan agresif.

2. Fitur SmartPlan

Fitur nabung saham secara otomatis yang membantu berinvestasi secara rutin dengan menentukan tanggal pembelian saham / reksa dana, jumlah yang akan dibeli dan produk saham / reksa dana yang dibeli. 

3. Fitur SmartSafe

Fitur yang akan secara otomatis menjalankan instruksi beli atau jual saham, berdasarkan kondisi price based, time based, dan post trading. SmartSafe membantu Anda melakukan profit taking atau cut loss sesuai rencana tanpa perlu takut kehilangan momentum yang ada.

4. Fitur AutoSweep

Memaksimalkan profit dengan menjadikan dana mengendap di RDI bertumbuh lebih maksimal. Fitur ini menggunakan fasilitas auto subscribe dan auto redeem pada reksa dana pasar uang tanpa mengganggu transaksi Anda tiap harinya.

6. MNC Sekuritas


Sesuai namanya, MNC Sekuritas adalah anak usaha MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Ketentuan transaksi melalui MNC Sekuritas, antara lain, fee beli 0,18 persen dan fee jual 0,28 persen. Setoran awal untuk membuka akun cukup Rp 100.000 saja. 

Proses pembukaan rekening di MNC pun cukup mudah bisa dengan online tanpa tatap muka. Namun kamu perlu punya rekening di BCA untuk bisa membuka akun saham di MNC Sekuritas.
 

Tips Memilih Aplikasi Saham


  1. Sesuaikan dengan kepemilikan rekening bank yang kamu miliki. Ada beberapa sekuritas yang hanya menyediakan opsi rekening dana nasabah (RDN) tertentu. 
  2. Bandingkan fee trading yang rendah. Hal ini tentu memudahkamu dalam melakukan transaksi jual dan beli saham. Artinya meski kamu cukup sering melakukan transaksi, tidak banyak fee yang yang harus dibayar. 
  3. Sesuaikan dengan ketersediaan dana. Ada beberapa sekuritas yang mengharuskan penempatan dana awal cukup tinggi. Padahal, bisa saja kamu adalah investor pemula yang baru ingin menjajal instrumen investasi saham. Kalau begitu, kamu bisa memilih sekuritas yang menawarkan syarat setoran awal minimum. 
 
Demikian 6 Aplikasi investasi saham terbaik, selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel