Lima Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

Masih banyak orang yang mengonsumsi gula berlebih tanpa menyadarinya, sehingga kadar gula darah tidak terkontrol dan memicu berbagai penyakit.

Lima Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

Kabar baiknya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah, salah satunya adalah mengatur asupan makanan yang manis.

Untuk menambahkan rasa manis pada makanan dan minuman, ternyata bisa menggunakan bahan selain gula pasir.

Berikut lima pemanis alami pengganti gula pasir


1. Gula kelapa


Gula kelapa mengandung beberapa nutrisi, seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Selain itu, gula kelapa memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan gula umumnya yakni gula pasir.

Meski demikian, gula kelapa termasuk tinggi kalori, yakni sama per sajiannya dengan gula biasa.

2. Buah biksu


Ekstrak buah biksu dapat dibuat pemanis pengganti gula. Adapun buah biksu berasal dari tumbuhan di wilayah Asia Tenggara.

Pemanis yang satu ini tidak mengandung kalori dan memiliki rasa hingga 250 kali lebih manis daripada gula biasa.

Buah biksu pun sudah mengandung gula alami seperti fruktosan dan glukosa, namun rasa manisnya berasal dari antioksidan yang disebut mogrosida.

3. Stevia


Stevia merupakan pengganti gula yang berasal dari ekstrak senyawa stevioside dan rebaudioside dari daun Stevia rebaudiana.

Masing-masing senyawa mengandung nol kalori, meski stevia rasanya bisa lebih manis dari gula biasa.

Selain itu, daun Stevia rebaudiana mengandung nutrisi dan fitokimia sehingga tidak mengherankan jika ia dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan.

4. Xylitol


Xylitol merupakan alkohol gula yang memiliki rasa manis, mirip dengan gula. Pengganti gula yang satu ini berasal dari ekstrak jagung.

Xylitol mengandung 2,4 kalori per gram. Jumlah ini 40 persen lebih sedikit dibandingkan kalori pada gula biasa.

Sebagai pengganti gula yang lebih aman, xylitol memiliki fruktosa yang rendah sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah.

5. Erythritol


Mirip dengan xylitol, erythritol juga merupakan alkohol gula yang mengandung lebih sedikit kalori, yakni 0,24 kalori per gram.

Rasa erythritol hampir mirip dengan manisnya gula sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk konsumsi makanan manis yang ramah terhadap gula darah.

Tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah sebagian besar erythritol sehingga ia diserap langsung ke dalam aliran darah dan dikeluarkan melalui urin dalam kondisi tidak berubah.

Demikian lima pemanis alami pengganti gula pasir, sumber: Healthline.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel